24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Warga Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, yang mengungsi akibat ulah KKB

Serangan Brutal KKB di Paniai, Bakar Kios hingga Gedung Sekolah

BatasNegeri – Terjadi baku tembak dan pembakaran sejumlah kios serta gedung sekolah di Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah pada Rabu (22/5/2024) dini hari.

Tak butuh waktu lama, aparat gabungan TNI-Polri berhasil menangkap satu terduga pelaku, anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undinus Kogoya.

Satu anggota KKB tersebut diamankan setelah aparat gabungan memeriksa TKP pembakaran kios di pertigaan Kopo Kampung Madi, Distrik Paniai Timur.

Pelaku sudah dibawa ke RSUD Paniai untuk penanganan luka tembaknya. Aparat turut mengamankan satu buah magazine dalam kondisi terbakar, satu unit handphone, satu teleskop, dan satu pisau gergaji kecil.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, pada Rabu, 22 Mei 2024, sekitar pukul 02.55 WIT, KKB kembali melakukan aksinya dengan membakar Gedung sekolah PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo.

“Setelah membakar kios, KKB melanjutkan aksinya dengan membakar beberapa gedung sekolah yang berada di Kampung Madi, Distrik Paniai Timur,” tutur Kabid Humas.

Personel TNI-Polri berhasil mengevakuasi para guru beserta keluarganya ke Mapolres Paniai sebanyak 23 orang, yang diantaranya 9 orang laki-laki, 10 orang perempuan dan 4 orang anak.

“Sampai saat ini personel gabungan TNI-Polri masih bersiaga di seputaran pertigaan Kopo guna mengantisipasi aksi lanjutan dari KKB,” pungkasnya.[*]

berbagai sumber