4 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Sekolah Inpres Pogapa yang Dibakar OPM Diubah Jadi Sekolah Lapangan

BatasNegeri – Komando Operasi TNI (Koops TNI) HABEMA menginisiasi pembangunan sekolah lapangan di lokasi SDN Inpres Pogapa, Distrik Homeyo yang dibakar Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dilansir keterangan dari Puspen TNI, Rabu, (22/5/2024) Koops HABEMA melalui personel Satuan Tugas Teritorial (Satgaster) Kodim Persiapan Intan Jaya mengajak para warga untuk bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan sekolah guna mendirikan Sekolah Lapangan di wilayah Homeyo.

“Anak-anak warga Homeyo dan sekitarnya menjalankan proses belajar mengajar di bangunan sekolah tersebut. Akibat aksi pembakaran oleh OPM tersebut, kini bangunan fisik SDN Inpres Pogapa telah rata dengan tanah, dan tersisa puing-puing material bangunan. Kondisi ini tentunya menyulitkan anak-anak dan para guru untuk menjalankan proses pembelajaran kurikulum pendidikan sekolah,” tulis keterangan Puspen TNI.

Inisiatif Koops HABEMA tersebut disambut baik warga yang berbondong-bondong datang membantu para Prajurit TNI untuk membersihkan lokasi kebakaran.

“Upaya untuk mendirikan Sekolah Lapangan ini sebagai upaya melanjutkan proses belajar mengajar yang sempat terhenti sekian lama akibat ulah OPM mengganggu keamanan dan situasi kondusif Homeyo,” tulis Puspen TNI.[*]

indonesiadefense.com