24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Marinir Siapkan Pasukan untuk Latma Rimpac 2024 di Hawaii

BatasNegeri – Korps Marinir TNI Angkatan Laut menyiapkan pasukannya untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multirateral Rim Of The Pacific (Rimpac) Tahun 2024 yang digelar oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (USINDOPACOM) di Hawaii, AS.

Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, menjelaskan persiapan itu mencakup serangkaian latihan di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, selama 14 hari terhitung sejak 19 Mei 2024 sampai dengan 1 Juni 2024.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Marinir Latma Rimpac 2024 Mayor Marinir Lukman Susanto, yang memimpin rangkaian persiapan itu, menjelaskan latihan penyiapan itu mencakup pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan, pendalaman materi, dan beberapa latihan seperti latihan menembak, latihan turun dari ketinggian (rappeling).

“Latihan penyiapan ini merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh satuan tugas yang akan melaksanakan tugas latihan, yang di dalamnya meliputi pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan yang akan dibawa, serta pendalaman materi untuk menunjang Latma Rimpac 2024 di Hawaii pada Juni mendatang,” kata Dansatgas Marinir Latma Rimpac 2024.

Dia melanjutkan latihan itu juga bertujuan meningkatkan profesionalisme, loyalitas, dan militansi prajurit Korps Marinir TNI AL.

Dalam rencana garis besar (RGB) latihan yang dipaparkan dalam rapat di Markas Komando Armada II, Surabaya, bulan lalu (22/4), TNI AL menyiapkan 43 prajurit dari Korps Marinir dan tujuh prajurit dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) untuk Latma Rimpac 2024. Pasukan itu nantinya tergabung dalam Satgas Latma Rimpac 2024 yang dipimpin oleh Komandan KRI Raden Eddy Martadinata-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra.

Untuk Latma Rimpac tahun ini, TNI AL mengerahkan KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang merupakan kapal perang dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada II TNI AL.

KRI R. E Martadinata pada Selasa (21/5) juga menggelar uji penembakan Meriam 76 di utara Laut Jawa sebagai salah satu persiapan mengikuti Latma Rimpac 2024.

Latma Rimpac merupakan latihan militer maritim yang digelar rutin dua tahun sekali oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dari Komando Gabungan Wilayah Pertahanan Asia Pasifik (USINDOPACOM) yang bermarkas di Pearl Harbor, Hawaii. Latihan itu, yang pertama kali digelar pada 1971, umumnya berlangsung pada pertengahan Juni sampai Juli.

Latma Rimpac tahun ini rencananya tidak hanya diikuti oleh TNI AL, tetapi juga personel dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Irvansyah menyampaikan rencana keikutsertaan Bakamla di Latma Rimpac 2024 saat dia bertemu Wakil Komandan Coast Guard Amerika Serikat (USGC) Laksamana Steven D. Poulin di Washington D. C., Amerika Serikat pada 9 Maret 2024.[*]

Antara