24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Bencana Tanah Longsor di PNG, Indonesia Sampaikan Belasungkawa

BatasNegeri – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyampaikan bela sungkawa atas terjadinya bencana tanah longsor di negara jiran, Papua Nugini (PNG).

“Pemerintah Indonesia menyampaikan simpati dan bela sungkawa atas musibah tanah longsor yang menimpa ratusan warga di provinsi Enga, Papua Nugini,” tulis Kemlu RI dalam pernyataan tertulis pada akun media sosial X di Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Kemlu RI berharap agar korban tanah longsor tersebut dapat cepat ditemukan dalam keadaan selamat serta proses evakuasi dapat berjalan lancar.

“Teriring doa agar mereka yang belum ditemukan diberikan keselamatan dan proses evakuasi dan pemulihan berjalan lancar,” ucap Kemlu RI.

Pada Jumat, penyiar ABC melaporkan bahwa tanah longsor melanda desa terpencil Kaokalam di Provinsi Enga, yang terletak sekitar 600 kilometer dari ibu kota, Port Moresby, sekitar pukul 3 pagi waktu setempat (Kamis pukul 24.00 WIB).

Dilaporkan AFP, pada Sabtu, polisi setempat mengatakan sedikitnya 12 orang tewas dan banyak lainnya terluka atau hilang setelah tanah longsor di provinsi Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini.[*]

rri.co.id