24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Staf PLBN Motamasin Gelar Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

BatasNegeri – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin menggelar upacara yang berlangsung khidmat meski di tengah hujan gerimis. Upacara yang bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” ini dihadiri oleh para Kasubbid di PLBN Motamasin, JFU, Supporting Staff, serta Tenaga Pendukung Operasional.

Inspektur upacara kali ini adalah Kasubbid Keamanan Kebersihan, Fridolinus G. Mau, yang dalam amanatnya membawakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Pidato tersebut menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa yang beragam, dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat. Pancasila, dengan nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, harus terus dibumikan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komandan Upacara diemban oleh Kasubbid Pengembangan Kawasan, Iwan Sulkisrawan, yang memimpin jalannya upacara dengan penuh kedisiplinan dan ketegasan. Barisan peserta upacara tetap tegak dan khidmat meski hujan gerimis mengiringi prosesi upacara dari awal hingga akhir.

Upacara ini diakhiri dengan sesi foto bersama di Tugu Garuda, yang menjadi simbol kebanggaan dan persatuan bangsa Indonesia. Meskipun hujan gerimis, semangat para peserta upacara tidak surut. Mereka berfoto dengan penuh antusiasme, menunjukkan semangat persatuan dan kebersamaan yang diusung oleh Pancasila.

Dengan berakhirnya upacara ini, diharapkan nilai-nilai Pancasila semakin kokoh dalam sanubari setiap warga negara, menjadi pemersatu dan pendorong utama dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.[*]

rri.co.id