24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pemerhati Minta TNI Fokus Urus Pertahanan

BatasNegeri – Pemerhati Militer UGM Armaidy Armawi mengatakan, prajurit TNI harusnya fokus mengurus pertahanan dengan menjaga kedaulatan wilayah negara. Hal itu sesuai dengan komitmen reformasi 1998.

“Ada yang kurang anggaran kita naikkan. Tapi yang satu itu (menempati jabatan di pemerintahan) tunggu dulu,” kata Armaidy dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Senin (3/6/2024).

Armaidy khawatir penempatan prajurit TNI aktif di lembaga pemerintahan hanya akan membuat bingung generasi muda TNI. Terlebih, kebanyakan generasi muda TNI lahir di masa reformasi. 

“Dia nanti bingung lagi jika dibikin seperti ini. Kalau yang lama ya sudahlah,” katanya, mengungkapkan.

Menurutnya, TNI lahir dari rakyat melalui pergulatan panjang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Lalu, TNI tumbuh dan besar bersama rakyat sehingga saat ini tetap berjuang untuk rakyat. 

Meski tugas utama TNI sebagai komponen penjaga kedaulatan negara. Namun, lanjut dia, kontribusi TNI untuk ikut mendukung pembangunan kesejahteraan rakyat harus didorong. 

“TNI tetap sebagai penjaga konstitusi dan penjaga ideologi negara. Itu adalah TNI,” ucapnya.

“Karena TNI lahir dari rakyat, karenanya kembali pada rakyat, manunggal antara TNI dan rakyat. Harus didukung dari sisi kesejahteraan yang terjadi dalam masyarakat,” ujarnya.[*]

rri.co.id