24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI AL Gelar Karya Bhakti dan Bhakti Sosial di Perbatasan Indonesia – Australia

BatasNegeri – Sebagai daerah berupa gugus kepulauan, Kab. Kepulauan Tanimbar yang berada di Pulau Yamdena merupakan pulau yang secara teritorial berbatasan langsung dengan negara Australia.

Kabupaten dengan Ibu Kota Saumlaki yang terletak di posisi berhadapan langsung dengan Laut Arafura tersebut, memerlukan sistem pertahanan yang kokoh salah satunya dengan pembinaan masyarakat agar menjadi kuat dan sehat dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla).

TNI AL melalui Staf Potensi Maritim TNI AL (Spotmaral) memiliki program kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial yang rutin dilaksanakan setiap tahun, sebagai implementasi Dawilhanla dan sebagai bentuk kepedulian TNI AL kepada masyarakat maritim.

Merujuk pada program Spotmaral tersebut, Pangkalan TNI AL Saumlaki yang dikomandani Letkol Laut (P) I Made Ardyan Budi H., S.E., M.Tr.Hanla., CRMP menyelenggarakan kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dengan mengambil lokasi di Saumlaki Kab. Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Dalam keterangannya kepada awak media, Komandan Lanal Saumlaki menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan yang dilaksanakan TNI AL di pangkalan Angkatan Laut di seluruh Indonesia.

Kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial yang diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Saumlaki, ditinjau langsung oleh Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi dari Spotmaral, Letkol Mar. Kiagus Fauzan A., S.Sos., S.A., M.Tr.Opsla.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemberian bantuan paket sembako kepada masyarakat Desa Olilit, Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMA N 10 Saumlaki, Bersih Pantai Weluan bersama TNI-Polri dan masyarakat serta Pramuka Saka Bahari, Pengobatan gratis di Desa Olilit Lama serta renovasi ringan rumah ibadah berupa 2 buah masjid dan 1 buah gereja berjalan dengan baik dan lancar.

Komandan Lanal Saumlaki menambahkan dalam keterangannya mengataka, kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial yang dilaksanakan itu selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla yaitu menempatkan sumber daya manusia (SDM) TNI AL sebagai prioritas utama dengan melaksanakan program yang bermanfaat terhadap rakyat guna mewujudkan prajurit yang profesional, modern dan tangguh.

Kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial mendapat respon positif dan antusias dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar.[*]

teropongbanten.id