24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jokowi: Investasi di IKN Adalah Membeli Masa Depan

BatasNegeri – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) berarti membeli masa depan. Jokowi meminta untuk tidak melihat prospeknya sekarang karena semua fasilitas belum memadai.

“Investasi di IKN Nusantara ini adalah membeli masa depan. Bapak-Ibu jangan membayangkan sekarang karena jalan tol dari Balikpapan ke IKN nusantara ini belum jadi. Jadi bapak harus memutar baru sampe ke IKN. Kalau nanti (sudah jadi) langsung lurus ke Balikpapan kira-kira 30-40 menit sudah sampe dari Balikpapan ke IKN. Kalau mau turunnya di Balikpapan,” kata Jokowi dalam acara peresmian Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/6/2024).

“Itu bukan airport VVIP tidak, tapi airport komersial untuk siapa pun. Ini hanya 15 menit dari titik ini. Itu baru Bapak/Ibu akan berubah pasti pikiran mengenai nusantara ini,” ujarnya.

Jokowi mengatakan jika para pengusaha berubah pikiran nanti, ketersediaan tanah akan habis. Menurutnya, harga tanah di masa mendatang pun akan lebih mahal.

“Tapi kalau Bapak/Ibu berubahnya nanti, tanahnya sudah habis. Karena sekarang ini kita tahu harganya kan antara Rp 400 ribu sampai Rp 800 ribu. Di Balikpapan saja 1 meter sudah Rp 15 juta, di Jakarta Rp 200 juta,” ujarnya.

“Tapi harga itu saya sampaikan sekarang besok bisa berubah. Tergantung nanti Pak Kepala Otorita. Kalau yang minta banyak otomatis, kalau demand-nya gede pasti harganya otomatis naik,” lanjut Jokowi.[*]

detik.com