24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Satgas Pamtas RI-PNG Ajak Anak-Anak Papua Belajar Bersama di Pos Perbatasan

BatasNegeri – Kedatangan anak-anak ke Pos yang ada di wilayah Perbatasan Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/TS untuk berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki, seperti kegiatan yang dilakukan di ruangan belajar Pos Kaliasin Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Kamis, 6 Juni 2024.

Kedekatan anak-anak di perbatasan Papua dengan anggota TNI terlihat dari keceriaan dan antusias pada saat belajar, Danpos Lettu inf. Gatot Hanarto mengungkapkan bahwa kegiatan belajar yang dilakukan di Pos Kaliasin adalah salah satu upaya Satgas Yonif 122/TS untuk meningkatkan kualitas SDM di wilayah perbatasan.

Danpos juga menegaskan dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di Pos Kaliasin tidak menjadi penghalang bagi kegiatan belajar, Dengan sarana seadanya anak-anak terlihat sangat semangat ketika belajar, cara mengajar anggota kami yang mempunyai teknik berbeda sehingga membuat anak-anak merasa senang dan nyaman ketika belajar” tegasnya.

Seperti penekanan Dansatgas Letkol Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

Hal tersebut dibenarkan oleh anak-anak ketika ditanya oleh anggota pos kaliasin, anak-anak kampung Kibay tersebut mengatakan bahwa yang terpenting adalah mereka bisa belajar, tidak perlu sarana yang mewah untuk belajar.

Materi pelajaran yang kami berikan yaitu pelajaran-pelajaran dasar seperti menbaca, menulis dan menghitung serta memberikan wawasan kebangsaan mengenai pancasila dan lagu-lagu nasional, jelasnya.

Sementara, satgas yonif 122/TS akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat kampung kibay semoga dengan segala sesuatu yang dilaksanakan satgas akan terus berjalan dan bermanfaat bagi anak-anak dan masyarakat Kampung Kibay.[*]

agaranews.com