24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Putu Supadma Rudana

BKSAP DPR Minta Pemerintah Buat ‘Roadmap’ Pariwisata Berkelanjutan

BatasNegeri – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI memandang pemerintah perlu membuat roadmap khusus terkait pariwisata berkelanjutan. Peta jalan tersebut sekaligus mendukung pengembangan pariwisata di wilayah perbatasan.

“Pemerintah perlu membuat peta jalan khusus mengenai pariwisata berkelanjutan. Daerah-daerah yang berpotensi mengembangkan konsep pariwisata antara lain Sulawesi Utara dengan Filipina, hingga Papua dengan Papua Nugini,” kata Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Tidak hanya itu, Putu juga mengatakan bahwa Pulau Kalimantam juga perlu dibuatkan roadmap khusus pariwisata perbatasan. Karena, pulau terbesar di Indonesia tersebut sangat berdekatan dengan Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Keberlanjutan dan kesinambungan kepariwisataan bisa dibangun apabila pangsa pasarnya besar dan destinasinya berdekatan. Selain itu, perbatasan yang memiliki keunikan tersendiri bakal memiliki potensi pariwisata,” ucapnya.

Putu menyakini bahwa pariwisata berkelanjutan dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi. Secara inklusif, wisatawan yang berkunjung akan menghargai adat, budaya dan alam di wilayah destinasi tersebut.

“Tentu hal ini, semata-mata agar pariwisata kita memiliki ketahanan yang baik. Karena pelaku dan pengembang-nya adalah juga masyarakat lokal yang memahami adat, budaya dan lingkungannya,” ujarnya.[*]

rri.co.id