24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Patroli Bersama di Perbatasan RI-Singapura

BatasNegeri – TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Singapura (RSN) berpatroli bersama di perairan perbatasan Indonesia dan Singapura dalam kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Indosin 2024 yang berlangsung dalam rentang waktu setahun di Selat Singapura.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi bersama Komandan Komando Keamanan Maritim Angkatan Laut Singapura Kolonel Ng Xun Xi membuka Patkor Indosin 2023/2024 di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Batam, Kepulauan Riau, Rabu (3/7/2024).

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada I TNI AL Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, menjelaskan patroli terkoordinasi itu berlangsung selama empat kali per periode-nya sesuai dengan kesepakatan antara TNI AL dan RSN.

Pangkoarmada I saat memberikan sambutan dalam acara itu menilai patroli terkoordinasi Indonesia dan Singapura merupakan wujud kerja sama dua negara menjaga keamanan laut di perairan perbatasan.

“Saat ini, TNI Angkatan Laut melaksanakan patroli terkoordinasi dengan Angkatan Laut Singapura melalui Patkor Indosin-24. Patkor Indosin-24 ini diharapkan (dua negara, red.) dapat saling berbagi ide dan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan maritim secara komprehensif di Selat Singapura,” kata Pangkoarmada I.

Indonesia dan Singapura berbagi wilayah perairan di Selat Singapura. Selat itu yang berada di utara Pulau Batam merupakan perairan sibuk yang terhubung dengan Selat Malaka.

Patroli Terkoordinasi Indonesia-Singapura (Indosin) 2023/2024 merupakan kegiatan yang berada di bawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I. Guskamla Koarmada I menyiapkan dua kapal perang untuk operasi tersebut, yaitu KRI Golok-688 dan KRI Krait-827.

Komandan Guskamla (Danguskamla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Anung Sutanto dalam acara yang sama menyatakan kesiapan-nya untuk berpatroli bersama Angkatan Laut Singapura di Selat Singapura dan perairan sekitar perbatasan.

“Guskamla Koarmada I siap melaksanakan tugas yang diberikan pimpinan TNI AL untuk melaksanakan operasi Patroli Terkoordinasi Indonesia-Singapura yang bertujuan untuk menciptakan rasa aman bagi pengguna jalur pelayaran di Selat Singapura dan sekitarnya,” tutur Danguskamla Koarmada I.

Dalam acara pembukaan Patkor Indosin 2024, Pangkoarmada I dan pejabat dari Angkatan Laut Singapura juga menutup operasi Patkor Indosin 2023. Kegiatan itu kemudian dilanjutkan dengan latihan menembak eksekutif di lapangan tembak Mako Lantamal IV Batam.[*]

Antara