24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pembangunan Hunian ASN di IKN Capai 90 Persen

BatasNegeri – Pembangunan Rusun (Rumah Susun) ASN dan Hankam di IKN telah mencapai 90 persen. Dua belas menara dengan mebel lengkap dan peralatan elektronik seperti TV, kulkas, mesin cuci sudah disiapkan untuk ASN pelopor yang akan tinggal di akhir Juli. 

“Untuk listrik kami sudah berkoordinasi dengan PLN dimana awal – pertengahan Juli sudah  mulai proses energize khusus untuk huniani. Kami juga masih punya pekerjaan untuk selesaikan 35 tower hunian, “ucap Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II, Anggoro Putro pada RRI IKN Senin ( 8/7/2024).

Proses konstruksi masih berjalan dan akan dilakukan perimeter block untuk keamanan  penghuni terhadap area yang sudah bisa dihuni dan yang masih dalam pengerjaan. Luasan 1 unit hunian adalah 98 meter persegi, terdiri dari 1 kamar utama, 2 kamar anak, ruang jemur, ruang makan. 

Anggoro menjelaskan satu menara terdiri dari 12 lantai di mana 10  lantai adalah hunian dan lantai dasar untuk parkir mobil yang dilengkapi station charger untuk EV ( Electric Vehicle). Setelah itu ada lantai podium untuk tempat pertemuan warga, mushola, area komersial serta galeri ATM.  

“Dua belas menara bisa menampung sekitar 2.160 orang yang terdiri dari Hunian Pekerja Konstruksi (tambahan), Hunian Modular TNI dan Asrama PSSI.  Untuk para peserta upacara nantinya ada sharing unit bukan sharing kamar, yang akan diatur oleh otoritas terkait, ” kata Anggoro.[*]

rri.co.id