27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jokowi Canangkan Program Forum Bela Negara

BatasNegeri – Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk membela dan mempertahankan negaranya. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mencanangkan program Forum Bela Negara (FBN) dalam Gerakan Nasional Bela Negara.

Seperti di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat salah satu wilayah yang berbatasan dengan Sarawak, Malaysia. Sejumlah masyarakat berlatar belakang kalangan pelajar, PNS dan tokoh masyarakat di sana diajak bergabung dalam FBN.

Pembentukan forum ini sedianya dilakukan Kementerian Pertahanan yang diwakilkan oleh aparat keamanan dan pemerintah setempat.

“FBN sangat strategis menghadapi berbagai ancaman terhadap keutuhan NKRI saat ini. Sehingga bela negara berperan startegis dalam ketahanan negara,” kata Komandan Kodim 1206/Putussibau, Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto usai upacara pembentukan FBN di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar.

Menurut dia, untuk mempertahankan NKRI tidak cukup hanya TNI atau Polri, namun seluruh warga negara wajib membela negara, apalagi Kapuas Hulu merupakan daerah perbatasan.

“Makanya FBN ini berperan strategis,” katanya lagi.

Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri menambahkan, membela negara merupakan tanggungjawab bersama. Kader bela negara sangat strategis untuk menangkal semua bentuk ancaman saat ini.

“Kader bela negara harus siap menghadapi segala bentuk ancaman yang ada. Membela negara tidak harus dengan peperangan, namun bisa juga dilakukan dengan menjaga kearifan lokal dan lingkungan,” katanya.[*]

Sumber: okezone.com