17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

dok. BatasNegeri

Wajah PLBN Motamasin di Perbatasan RI-Timor Leste

BatasNegeri – Motamasin adalah nama sebuah dusun di wilayah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kini dusun kecil ini menjadi terkenal lantaran di tempat itu terdapat sebuah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang baru diresmikan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) pada 9 Januari 2018 yang lalu.

dok. BatasNeger

PLBN ketiga di pulau Timor yang berbatasan dengan negara Timor Leste itu diberi nama PLBN Motamasin. Tempat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi warga NTT, maupun bagi warga dari negara tetangga, Timor Leste.

“Setiap hari kerja rata-rata didatangi 50 orang pengunjung, tapi kalau hari Sabut, Minggu dan hari libur bisa sampai 150 orang,” ungkap salah seorang petugas security kepada awak Batasnegeri.com yang berkunjung ke tempat ini pekan lalu.

dok. BatasNegeri

Ketika meresmikan PLBN ini, Presiden berpesan, agar PLBN Motamasin menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat dengan membangun pasar tradisional.

“Pasar tradisional, penting untuk rakyat, untuk perputaran uang yan lebih banyak, untuk pergerakan ekonomi yang lebih baik, perbatasan penting sekali,” ujar Presiden.

dok. BatasNegeri

Untuk mencapai Motamasin, pengunjung harus menempuh perjalanan darat sejauh 60 kilometer dari Kota Atambua, ibukota Kabupaten Belu. Kabupaten Malaka adalah pemekaran dari Kabupaten Belu. Sayangnya, pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke Malaka harus rajin bertanya, agar tidak tersesat di jalan. Ini lantaran di daerah ini minim marka jalan dan petunjuk arah. Kendati demikian, pengunjung tak perlu khawatir, warga setempat terkenal sangat ramah dan siap melayani pertanyaan Anda.[BatasNegeri]