14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Pemerintah Bangun PLBN Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

BatasNegeri – Pemerintah Presiden Joko Widodo kini fokus untuk memperbaiki daerah perbatasan dengan membenahi infrstruktur pos lintas batas.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan hal tersebut dalam acara Indonesia Development Forum (IDF) 2018. Bambang menilai selama ini ada kesalahan cara pandang dalam memaknai perbatasan.

Dirinya menjelaskan, perbatasan selama ini dibaratkan dengan halaman belakang (backyard) sehingga membuatnya menjadi tertinggal. Padahal sejatinya dalam menyambut tamu, perbatasan merupakan garda terdepan. “Tamu itu masuk ke halaman depan atau frontyard, maka mindset inilah yang coba kita ubah di pemerintahan saat ini,” kata Bambang di kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Maret 2018.

Bambang mengatakan, perbaikan perbatasan dapat meningkatkan kualitas ekonomi suatu negara. Sebab, tampilan perbatasan menjadi cerminan kewibawaan negara tersebut. Apabila pemerintah tak membenahi perbatasan, dan ada calon investor yang masuk melihat dari tolak ukur perbatasannya, maka Indonesia bisa dianggap sebagai negara yang miskin dan bisa dilecehkan.

Oleh karenanya, perbaikan pos lintas batas diperlukan, sebab membangun ekonomi daerah harus menggunakan pendekatan demand side, bukan supply side yakni diawali dengan hadirnya sarana prasarana terlebih dahulu yang disediakan pemerintah, dalam hal ini infrastruktur. Setalh itu cara ini akan menarik bagi  investasi dan pengembangan potensi ekonomi di daerah tersebut.

“Oh iya perbatasan mempengaruhi kualitas ekonomi. Kita harus dorong perbatasan menjadi halaman terdepan frontyard, caranya adalah membangun infrastrukturnya, membangun kemudahan-kemudahan sehingga akhirnya kegiatan ekonomi mulai beralik ke perbatasan kita, enggak beralih ke perbatasan sebelah,” jelas Bambang.

Adapun sejauh ini, pos lintas batas yang telah diperbaiki yakni di pos lintas batas Entikong Kalimantan, daerah yang berbatasan dengan Malaysia; pos lintas batas Skouw di Papua, daerah yang berbatasan dengan Timor Leste; pos lintas Baras Motamasin di Malaka NTT; dan pos lintas batas Wini di Timor Tengah Utara NTT.[*]

medcom.id