27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Infrastruktur Perbatasan Bakal Tingkatkan Kualitas Hidup

BatasNegeri – Pembangunan menjadi sangat penting. Setelah tga tahun memimpin, Jokowi sudah melakukan berbagai terobosan dalam mengentas keterbelakangan di Beranda depan Negara atau perbatasan. Pembangunan infrastruktur dilakukan hampir di semua wilayah perbatasan.

Ketersediaan infrastruktur akan meningkatkan kualitas hidup, mendorong pergerakan ekonomi daerah, mengurangi biaya logistik, dan memunculkan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan. Atas dasar itulah, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla terus mengejar pembangunan infrastruktur, karena bertujuan untuk mempercepat pemerataan ekonomi.

Selain pos lintas batas negara (PLBN) dan infrastruktur permukiman di perbatasan, pemerintah juga membangun jalan paralel perbatasan di Kalimantan. Hal ini sesuai dengan Nawa Cita, yaitu membangun dari pinggiran dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu yang tengah dikebut oleh pemerintah adalah percepatan pembangunan Trans Kalimantan, termasuk perbatasan Indonesia-Malaysia. Untuk memantau progres pembangunan jalur Trans Kalimantan ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melaksanakan “Ekspedisi Susur Trans Kalimantan” selama lima hari, dimulai Rabu (5/9/2018) sampai Sabtu (9/9/2018).[*] 

(suara.com)