23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

MPPI Gelar Baksos di Desa Perbatasan Napan-Bikomi Utara

BatasNegeri – LSM Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) kembali berkunjung ke wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Kali ini, relawan MPPI mendatangi Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Wilayah ini memiliki batas wilayah darat dengan Distrik Oecusi, negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Serangkaian kegiatan bhakti sosial (baksos) para relawan MPPI pimpinan Juanda ini (Koordinator MPPI) diawali dialog dengan warga Desa Napan  di aula kantor desa setempat yang dihadiri Kepala Desa Napan dan  Camat Biboki Utara Simon Monemnasi.

Dalam dialog yang berlangsung akrab di Balai Desa Napan pada 24 Oktober 2018 itu, warga mengkeluhkan sejumlah persoalan klasik yang selama ini mendera mereka, mulai dari persoalan air bersih hingga masalah guru kontrak dan guru honorer.

“Kami warga 9 desa di Kecamatan Bikomi Utara yang ada di perbatasan ini masalah utama kami sampai sekarang ini yakni air bersih, itu masalah utama yang kami hadapi sampai sekarang,” ujar Camat Bikomi Utara, Simon Monemnasi dalam acara pembukaan dialog dengan LSM MPPI, Rabu (24/10/2018).

Simon menjelaskan, kondisi kekurangan air bersih yang dialami warganya yang berjumlah 6 ribu jiwa itu sudah berlangsung cukup lama.

Kondisi kekurangan air bersih itu, lanjut Camat Simon, juga mengakibatkan warganya kesulitan untuk meningkatkan hasil produksi, baik pertanian maupun peternakan.

mppi 6
dok. MPPI

Menanggapi keluhan tersebut, Juanda berjanji akan berkoordinasi dengan kementerian untuk membangun waduk di wilayah Kecamatan Bikomi Utara.

“MPPI itu membantu memfasilitasi hal-hal yang belum disampaikan oleh masyarakat ke pemerintah daerah agar nantinya bisa disampaikan ke pemerintah pusat, nanti kita akan koordinasikan masalah air bersih yang tadi disampaikan dalam dialog tadi ke kementerian terkait agar dicari jalan keluarnya,” ujarnya.

Baksos MPPI dilanjutkan dengan kegiatan olahraga bersama, yaitu bermain volley, sekaligus peresmian lapangan volley yang dibangun dari dana bantuan MPPI. Pada kesempatan yang sama, MPPI juga menyerahkan bantuan kostum olahraga bernuansa NKRI, bendera merah putih, jaket MPPI.

mppi 5
dok. MPPI

Puncak kegiatan baksos adalah peresmian pembangunan Tugu Perbatasan dengan Prasasti MPPI di depan Balai Desa Napan.[*]