17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kerja Nyata Jokowi Di Perbatasan NTT, Papua dan Kalimantan

BatasNegeri – Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), termasuk pembangunan jalan perbatasan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan di wilayah perbatasan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Jokowi-JK untuk memudahkan mobilitas warga, memajukan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hingga saat ini, total panjang jalan yang berhasil ditembus di NTT mencapai 176,2 km. Sementara untuk jalan di Kalimantan mencapai 1.692 km, masih kurang 200 km. Adapun rinciannya 47,4 km di Kalimantan Barat, 41,5 km di Kalimantan Timur, dan 125,1 km di Kalimantan Utara. Sementara di Papua telah mencapai 909 km, kurang 189 km, dengan target penyelesaian 2018-2019.

Dalam Diskusi Media bertema “Partisipasi Publik Dalam Publikasi Capaian Pembangunan Daerah Perbatasan oleh Pemerintah Indonesia” pada September lalu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Eddy Ganefo mengatakan bahwa  pembangunan di wilayah perbatasan penting untuk mengamankan, mensejahterakan dan memajukan masyarakat perbatasan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian wilayah.

Pembangunan perbatasan di era Jokowi sudah sangat optimal dan telah dirasakan manfaatnya.[*] 

(linikota.com)