17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pemerintah Penuhi Kebutuhan Fasilitas Kesehatan di Perbatasan dan Pulau Terluar

BatasNegeri – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah saat ini terus menambah fasilitas kesehatan yang menyasar wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar Indonesia.

Mewakili Presiden Joko Widodo, Moeldoko baru saja meresmikan satu lagi fasilitas kesehatan di pulau terluar, yakni Rumah Sakit Liung Paduli di Naha, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

“Penambahan fasilitas kesehatan ini adalah tindak lanjut dari fokus pemerintah membangun sumber daya manusia,” kata Moeldoko, Jumat 1 Februari 2019.

Menurut Moeldoko, pemerintah terus menaruh perhatian yang besar pada kondisi kesehatan anak-anak daerah, terutama untuk mencegah terjadinya stunting atau pertumbuhan tidak optimal yang menjadi ancaman dalam menyiapkan SDM unggul di masa depan.

Keberadaan rumah sakit dinilai sangat penting, terutama untuk merawat dan menjaga ibu-ibu yang sedang dalam masa kandungan dua bulan sampai 1.000 hari pertama yang disebut sebagai masa ‘golden age’ bagi anak.

“RS Liung Paduli ini kita harapkan dapat memberi prioritas kepada masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan,” ujar Moeldoko.

Kepada para dokter dan petugas kesehatan di RS Liung Paduli, mantan Panglima TNI ini pun berpesan agar tak jenuh melayani masyarakat sepenuh hati. Ia yakin, dedikasi dan pengabdian akan dicatat Tuhan.

Selain meresmikan rumah sakit, Moeldoko juga menyampaikan bahwa pemerintah melalui Program Indonesia Terang telah membangun gardu-gardu listrik di daerah terpencil, salah satunya di Pulau Bukide, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Di Pulau Bukide ini, Moeldoko juga meresmikan gardu Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Bukide. Ia berharap aliran listrik mampu mendorong semangat anak-anak untuk menuntut ilmu dan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.[*]

mataindonesia