17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Indonesia Dan 2 Negara Ini Bakal Gelar Latihan Militer Bersama

BatasNegeri – Angkatan laut tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Filipina, kembali akan menggelar latihan bersama trilateral bidang pertahanan dan keamanan, tahun ini.

TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII/Tarakan akan menyambut kedatangan armada beserta pasukan dari Malaysia dan Filipina, yang direncanakan tiba hari ini.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII/Tarakan Laksamana Pertama TNI Judijanto melalui Kapala Dinas Penerangan (Kadispen) Mayor Laut Syahrul menuturkan, saat ini peserta latihan sedang menuju Tarakan.

Menurut Syahrul, latihan nanti digelar di sekitar perbatasan dengan melibatkan kapal perang dan pasukan ketiga negara, dengan prajurit yang diperkirakan sebanyak 200 orang.

TNI AL sendiri bakal mengirimkan KRI Ajak. KRI dengan nomor lambung 653 ini merupakan kapal keempat dari kapal perang jenis kapal patroli kelas Andau milik TNI AL, merupakan jenis kapal cepat torpedo (KCT). Bertugas sebagai elemen pemukul musuh, baik di permukaan maupun bawah permukaan (ASW – Anti Submarine Warfare) termasuk sebagai kapal pendeteksi anti-kapal selam.

Syahrul menyebut, latihan bersama di Indonesia merupakan yang kedua kali, setelah sebelumnya digelar tahun lalu. Latihan bersama ini digelar setiap tahun di mana pelaksanaannya berlangsung secara bergantian.

“Tahun lalu di Indonesia. Beberapa bulan setelah itu pindah, tergantung dari kesiapan mereka. Misalnya seandainya yang siap dulu Filipina, ya Filipina, atau mungkin Malaysia,” tuturnya.[*] 

(prokal.co)