17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Laksamana Yudo Margono (kiri) dan Marsekal Fadjar Prasetyo saat dilantik menjadi KSAL dan KSAU, di Istana Negara, Rabu (20/5/2020). Foto: Antara

KSAU Baru Diminta Jaga Wilayah Udara Perbatasan

KEPALA Staf Angkatan Udara (KSAU) Fadjar Prasetyo mengatakan akan fokus untuk menjaga wilayah udara di kawasan perbatasan, seperti pesan Presiden RI Joko Widodo.

“Pesan khusus ada dari Bapak Presiden kepada kami, beberapa penekanan khususnya TNI AU adalah pengamanan wilayah udara di perbatasan dan ini akan saya tindak lanjuti meskipun sedang ada pandemi COVID, dunia semua merasakan. Akan tetapi, kesiapsiagaan kami akan tetap dan terus ditingkatkan,” kata Fadjar di lingkungan Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Rabu (20 Mei 2020).

Marsekal TNI Fadjar Prasetoyo baru saja dilantik sebagai KSAU, Rabu (20/5/2020) menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Presiden juga menaikkan pangkat Fadjar Prasetyo satu tingkat, dari marsekal madya menjadi marsekal.

“Perubahan strategi pengamanan dihadapkan pandemi tidak ada. Akan tetapi, strategi pengamanan dihadapkan dengan ancaman. Kalau ancaman belum ada, kami akan tetap melaksanakan strategi operasi rutin. Akan tetapi, kalau ada peningkatan, kami sudah ada rencana kontingensinya,” kata Fadjar.

Terkait dengan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista), dia mengatakan bahwa pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi anggaran.

“Program alutsista sudah diprogramkan Kementerian Pertahanan, Mabes TNI dan mabes angkatan, akan terus dibicarakan dan menyesuaikan dengan situasi anggaran,” kata Fadjar menambahkan.[*]

mediaindonesia.com