23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Doni Monardo: Beradaptasi dan Hidup Normal di Tengah Pandemi

BatasNegeri – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus Corona penyebab Covid-19. Pemerintah mengajak masyarakat hidup berdamai dengan Covid-19.

Berdamai dalam arti hidup normal di tengah Pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menuturkan, semua negara mulai beradaptasi dengan Corona. Tak ada satu negara pun di dunia yang menyerah terhadap virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

“Tidak ada manusia, negara yang bisa mengalahkan Covid, yang ada adalah beradaptasi,” ujar Doni saat bertemu Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UI, Rini Sekarini di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Oleh karena itu, Doni mengajak masyarakat menerapkan pola 4 Sehat 5 Sempurna di tengah pandemi Corona. Pola 4 Sehat 5 Sempurna ini berbeda dengan slogan yang digaungkan tokoh ahli gizi nasional, Poorwo Soedarmo.

Doni menjelaskan, 4 Sehat 5 Sempurna yang dimaksud yakni gunakan masker, jaga jarak (physical dan social distancing), rajin cuci tangan dengan sabun, olahraga, tidur teratur dan cukup serta tidak panik. Aktivitas itu bisa disempurnakan dengan makan makanan bernutrisi.

“Kalau dulu, 4 Sehat 5 Sempurna, karbohidrat, daging, ikan, sayuran, buah-buahan dan susu. Nah ini semuanya masuk pada poin ke-5,” kata Doni.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengatkaan slogan 4 Sehat 5 Sempurna tersebut sangat dibutuhkan di tengah gempuran Covid-19. Tanpa itu, Indonesia tidak akan menang melawan virus Corona.

Doni yakin slogan 4 Sehat mampu diimplementasikan oleh setiap individu. Pola ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Baru kemudian didukung dengan gizi,” sambung Doni. (LIPUTAN6)