27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Lima Program Prioritas Kemenpora Periode 2020-2024

BatasNegeri – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan Kempora telah mempersiapkan lima program prioritas untuk kurun waktu 2020-2024.

Hal ini disampaikan Menpora ketika mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kempora pada Rabu (17/6/2020). Webinar ini mengangkat tema kepemimpinan pemuda dalam rumah tangga di tengah pandemi Covid-19.

“Kemampuan menjadi pemimpin di rumah tangga akan menentukan keberhasilan di level atau tingkatan berikutnya. Kami tentunya di Kempora juga harus menyiapkan program untuk membuat pemuda kita aktif,” jelasnya.

Program prioritas pertama adalah perbaikan tata kelola, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik.

Kedua adalah pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Ketiga, penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda.

Program prioritas keempat yakni pemasyarakatan olahraga untuk mendorong masyarakat agar hidup lebih sehat dan bugar.

Terakhir adalah pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.

Lebih lanjut, webinar ini menuai apresiasi Menpora Zainudin karena dapat berlangsung dengan baik di tengah mewabahnya virus corona.

“Kita terus bekerja sama dengan lembaga atau instansi lainnya terkait kegiatan-kegiatan seperti ini. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

Menurut Deputi Pengembangan Pemuda Kempora Asrorun Ni’am Sholeh, konsentrasi kegiatan masyarakat baik itu belajar maupun bekerja lebih banyak dipusatkan di rumah.

“Kami berharap masyarakat tetap aktif dan produktif. Ini juga mendukung kegiatan prioritas Kempora,” jelas Asrorun.

Dirinya menambahkan, animo pemuda untuk mengikuti webinar kepemudaan tersebut sangat tinggi. Pesertanya disebutkan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. (BERITASATU)