14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Warga Perbatasan Butuh Pelayanan Kesehatan

BatasNegeri – Dalam upaya menjamin kesehatan masyarakat di perbatasan, Pos Nelu Satgas Yonarmed 3/105 Tarik gelar posyandu rutin 1 bulan sekali bertempat di Puskesmas Sunsea.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han)., melalui rilis tertulisnya, Minggu (1/11) menjelaskan, pihaknya selama ini sudah  mendidik dan melatih beberapa personel untuk memiliki kualifikasi sebagai tenaga medis.

Maksudnya agar nantinya bermanfaat saat berada di medan tugas. Hal inilah yang menjadi salah satu misi Satgas agar kehadiran di daerah penugasan  bermanfaat bagi orang banyak, khususnya masyarakat di perbatasan.

“Pentingnya pelayanan kesehatan yang harus dilakukan di daerah perbatasan kepada anak-anak karena rentannya penyakit yang dapat menyerang mengingat daya tahan tubuh yang belum stabil tidak seperti kita orang dewasa” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut dipimpin oleh Danpos Nelu Serka Yudi Karunia bersama anggotanya melaksanakan kegiatan Posyandu yang ditujukan kepada anak-anak di perbatasan untuk mengontrol kesehatan serta perkembangan mereka.

“Yang kami lakukan disini semata-mata untuk meringankan beban masyarakat serta meningkatkan angka kesehatan anak-anak yang ada di wilayah desa binaan Pos Nelu,” imbuhnya.

Menurutnya,  yang dilayani adalah anak-anak, jadi kita harus melakukan pendekatan secara persuasif dan lembut.

“Caranya ya kita sediakan makanan ringan untuk dibagikan ke anak-anak agar mereka tertarik dan senang,” tambahnya.

Berperan sebagai Takes Pos Nelu, Pratu Alfan dan Prada Romi, menggandeng pihak Puskesmas Sunsea Dusun Nelu dan berlangsung dengan tertib, lancar dan aman.

Sementara itu, Maria Magdalena (34) selaku Bidan Puskesmas Desa Sunsea mengatakan bahwa kegiatan Posyandu memang rutin kami lakukan sebulan sekali untuk memantau perkembangan anak-anak di daerah tersebut guna mencegah penyakit yang kapan saja dapat menyerang mereka.

“Kegiatan di Posyandu ini rutin dilakukan bersama dengan bapak-bapak dari Pos Nelu karena mengingat posko-posko pelayanan kesehatan letaknya jauh serta masih minim fasilitas sehingga dengan adanya tenaga kesehatan dari TNI ini kami sangat terbantu,” terangnya. (tribunnews)