14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jangan Takut Divaksin

BatasNegeri – Menghadapi kekhawatiran masyarakat mengenai vaksin Covid-19, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) angkat bicara.

Melalui rilis medianya, komisi bentukan pemerintah untuk memantau kejadian atau dampak kesehatan yang terjadi pasca vaksinasi itu mengatakan bahwa sejauh ini belum ada laporan mengenai korban penyakit atau meninggal dunia setelah di vaksinasi di Indonesia.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius yang terjadi,” ucap Prof. DR. Dr. Hindra Irawan Satari, SpA(K), MTropPaed, Ketua Komnas KIPI.

Ia juga menambahkan bahwa vaksin yang digunakan di Indonesia juga telah lolos uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga masyarakat tak perlu khawatir untuk divaksin.

“Saya kira masyarakat takut divaksinasi karena ada berita tidak benar terkait vaksin Covid-19 ini, masyarakat sebetulnya tidak perlu khawatir dan jangan mudah percaya berita-berita hoaks yang beredar terutama berita terkait vaksin yang mampu berdampak serius. Badan Pengawas Obat dan Makanan tidak mungkin memberikan izin penggunaan apabila vaksin Covid-19 terbukti tidak aman,” pungkasnya.

Mengenai efek samping, ia mengatakan bahwa efek samping itu lazim terjadi. Biasanya efek samping itu hanya ditimbulkan dengan gejala yang ringan dan tidak mematikan.

“Vaksin ini merupakan produk biologis, sehingga pada waktu dimasukkan ke dalam tubuh maka reaksi alamiahnya adalah memang menimbulkan reaksi lokal di tempat suntikan berupa kemerahan, pegal, bahkan menimbulkan demam, namun data menunjukkan gejala-gejala tadi jumlahnya kurang dari 1 persen dan bisa hilang dengan sendirinya,” terangnya.

Terakhir, ia juga meminta masyarakat untuk aktif melaporkan jika ada gejala-gejala buruk yang timbul setelah suntikan vaksin.

“Jadi apabila ada kejadian yang tidak diinginkan atau kejadian luar biasa masyarakat harus melapor ke fasilitas kesehatan. Nanti laporan dicatat dan akan ditindaklanjuti Komisi Daerah dan Komisi Nasional KIPI yang merupakan komite independen dalam mengkaji hal ini,” tambahnya.

Sebelumnya masyarakat dibuat khawatir oleh beberapa kabar kematian setelah vaksinasi Di Norwegia, dilaporkan baru-baru ini 23 orang meninggal dunia setelah mendapat vaksin virus corona. Dari seluruh jumlah itu, 13 kematian telah diteliti sebagai dampak efek samping dari penggunaan vaksin. (lampost)