14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

PUPR Bangun Jalan Alternatif Pasca Longsor di Jagoi Babang

BatasNegeri – Kementerian PUPR bersama TNI AD membangun jalan darurat untuk memudahkan warga beraktifitas, setelah longsor memutuskan akses jalan dari Jagoi Babang ke Siding, di Kabupaten Bengkayang Kalbar.

Lokasi longsor tersebut berada tak jauh dari perbatasan Indonesia-Malaysia.Hal tersebut diungkapkan Danramil 1202-09/Jagoi Babang Mayor Inf Katirin, usai meninjau lokasi longsor bersama tim Kementrian PUPR di jalan raya di Dusun Merendeng, Desa Siding, Minggu 17 Januari 2021.

Longsor di Perbatasan, Kementerian PUPR Bangun Jalan Darurat (1)
Jalan raya yang rusak akibat tanah longsor ini merupakan jalan paralel negara di wilayah perbatasan. Foto: Pendim 1202 Singkawang

Katirin mnjelaskan, pendampingan pertemuan tersebut untuk melaksanakan peninjauan dan pengecekan jalan paralel negara yang ambruk, akibat bencana alam, dan penggusuran tanah longsor pada badan jalan, dan penimbunan jalan ambruk.

“Selanjutnya, melaksanakan pembuatan jalan darurat dengan penggusuran dan penimbunan material tanah agar untuk sementara aktifitas lalu lintas pengguna jalan raya normal kembali,” terang Danramil.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, jalan ambruk ini terjadi akibat hujan yang terus menerus di Kecamatan Siding yang mengakibatkan bencana banjir dan longsor. (kumparan)