27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pangkas Rambut Keliling Gratis di Perbatasan

BatasNegeri – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs memberikan layanan pangkas rambut keliling secara gratis dalam upaya mengajarkan kerapian bagi warga Kampung Koya Koso, Distrik Abepura, Kota Jayapura di wilayah perbatasan Republik Indonesia – Papua Nugini.

Dansatgas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf. Muhammad Erfani dalam keterangan tertulis di Jayapura, Selasa pagi, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu wujud kepedulian untuk menanamkan jiwa kerapian kepada masyarakat setempat.

Braja Pangkas, katanya merupakan layanan pangkas rambut keliling gratis yang dilaksanakan semua personel jajaran Pos Satgas Patas Yonif 131/Brs, seperti di Kampung koya Koso yang tidak ada fasilitas pangkas rambut.

“Selama ini masyarakat harus ke kota dengan jarak yang relatif cukup jauh dan biaya transportasi yang mahal. Namun, dengan adanya pelayanan pangkas rambut keliling gratis ini warga tidak lagi harus jauh-jauh dan bisa mengurangi biaya.” Kata Dansatgas.

“Dengan demikian, kehadiran prajurit TNI di perbatasan negara RI-PNG tidak hanya menjaga keamanan wilayah perbatasan. Namun, prajurit TNI juga turut berkontribusi, dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat melalui kegiatan pendidikan, kesehatan, maupun kegiatan sosial lainnya.” Lanjutnya.

Sementara itu, Danpos Koya Koso Letda Inf. Eri Hermawan mengatakan bahwa kegiatan ini untuk membantu kesulitan masyarakat atas keterbatasan tenaga dan alat pangkas serta biaya yang relatif tinggi untuk pangkas rambut.

Tinus (35), warga setempat mengaku sangat terbantu dengan adanya pangkas rambut keliling gratis tersebut karena mereka tidak lagi harus jauh-jauh ke kota dan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk memotong rambut. “Terima kasih bapak-bapak TNI, saat ini sudah ada pangkas rambut gratis sehingga saya dan teman-teman lainnya telah terbantukan.” kata Tinus. (antara)