13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Yonif 144/Jaya Yudha Curup Ditugaskan Jaga Perbatasan Indonesia-Malaysia

BatasNegeri – Sebanyak ratusan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 144/Jaya Yudha Curup, Bengkulu, diberangkatkan ke Kalimantan Barat (Kalbar). Mereka bertugas menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia.

Komandan Brigif 8/Garuda Cakti Rejang Lebong Letkol Inf Andar D Panggabean dalam acara tradisi pelepasan Satgas Pamtas RI-Malaysia mengatakan para prajurit tersebut ditugaskan menjaga kedaulatan negara di perbatasan Indonesia-Malaysia dan menjadi contoh pencegahan penyebaran covid-19 di perbatasan.

“Keberangkatan mereka ini nantinya akan menggunakan KRI dari Palembang menuju Kalimantan,” kata Andar, dilansir Antara, Jumat, 21 Mei 2021. 

Para prajurit Yonif 144/Jaya Yudha ini akan bertugas selama sembilan bulan. Tugas utama mereka adalah pengecekan patok batas, patroli bersama dengan tentara Malaysia, dan juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Selain itu, mereka juga bertugas melakukan pencegahan kegiatan-kegiatan ilegal di perbatasan kedua negara. Seperti perambahan hutan, perdagangan manusia, serta penyelundupan barang seperti penyelundupan narkoba dan minuman keras.

Andar berharap, prajurit Yonif 144 Jaya Yudha bisa menjalankan tugasnya sesuai arahan dan bisa menjaga nama baik kesatuan. Mereka juga sudah dibekali dengan berbagai kemampuan seperti pengetahuan bidang pertanian dan mengajar sehingga bisa membantu mencerdaskan anak-anak bangsa di perbatasan.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah menyebutkan pemberangkatan tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu. Para prajurit diharapkan bisa menjaga nama baik daerah dan Yonif 144/Jaya Yudha. (metrotv)