13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapolda Papua: KamI Terus Kejar KKB Kelompok Lekagak

BatasNegeri – Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri  menyebutkan, KKB Lekagak Telenggen dipastikan sudah meninggalkan Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Fakhiri memastikan pelaku pembakaran sejumlah fasilitas di Bandara Aminggaru, Kabupaten Puncak Papua, adalah kelompok pecahan dari Lekagak Telenggen.

“Lekagak Telenggen dipastikan sudah berada di luar Distrik Ilaga. Beberapa kelompok pecahan dari Lekagak, banyak yang lari dan tersebar di sejumlah distrik di Kabupaten Puncak. Tapi, kami tetap kejar kelompok ini,” jelas Fakhiri, saat ditemui Sabtu malam (5/6) di Jayapura.

Fakhiri bilang KKB Lekagak jadi target pengejaran TNI Polri sejak pertengahan Mei 2021 hingga saat ini.”Kondisi di Ilaga kondusif. Personel Nemangkawi sedang melakukan parameter untuk melakukan ambush. Kami khawatirkan kelompok ini akan kembali lagi ke Ilaga,” jelasnya .

Sebelumnya, sejumlah pembakaran terjadi di Distrik Ilaga. KKB membakar sejumlah fasilitas bandara di Ilaga. Tak hanya itu saja, aparat keamanan setempat juga menyebutkan KKB Lekagak Telenggen menembak tiga warga sipil di Kampung Niporolome, Kabupaten Puncak. (kumparan)