13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Satgas Pamtas RI-PNG Tangkap 9 Orang Terduga Anggota KST

BatasNegeri – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 131/brs menangkap 9 orang yang diduga anggota TPNPB-OPM Pos Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. Sembilan anggota TPNPB-OPM ditangkap saat Sagas Pamtas melakukan patroli rutin di Pos Petiwi sekitar pukul 00.15 WIT.Dalam patroli tersebut, personel TNI menghentikan satu kendaraan roda empat yang mengangkut 12 penumpang. Mereka kemudian diminta turun dan dilakukan pemeriksaan identitas masing-masing penumpang.

TNI di Perbatasan Papua Tangkap 9 Orang Terduga Anggota OPM  (1)
Barang bukti yang didapat dari penangkapan 9 orang di Keerom, perbatasan Papua dan Papua Nugini. (Dok foto Yonif 131/brs)

“Dalam pemeriksaan yang dilakukan, aparat menemukan kartu tanda pengenal TPNPB-OPM, serta sejumlah dokumen dan atribut Papua merdeka yang dibawa oleh 9 orang ini. Sementara 3 orang lainnya adalah warga Kampung Skofro,” kata Komandan Satgas Yonif 131/Brs, Letkol Inf Muhammad Erfani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/7). Dalam pemeriksaan sementara, 9 orang mengaku baru pulang dari Papua Nugini, usai mengikuti sidang umum TPNPB-OPM di markas Victoria Distrik Bewani, Papua Nugini.

TNI di Perbatasan Papua Tangkap 9 Orang Terduga Anggota OPM  (2)
Barang bukti yang didapat dari penangkapan 9 orang di Keerom, perbatasan Papua dan Papua Nugini. (Dok foto Yonif 131/brs)

“Mereka ini baru pulang dari PNG setelah mengikuti sidang umum TPNPB-OPM di markas Victoria Distrik Bewani pada tanggal 1 Juli. Mereka ditangkap saat patroli rutin Satgas Pamtas pada Rabu (14/7) silam,” katanya. ADVERTISEMENTSaat menangkap 9 orang ini, TNI juga mendapati barang bukti yakni id card peserta rapat sidang TPNPB-OPM, lembaran dokumen hasil sidang TPNPB-OPM, 5 pasang pakaian seragam tentara, senjata tajam parang dan enam unit handphone.”9 orang ini sudah diserahkan ke Polres Keerom untuk pemeriksaan salanjutnya,” jelasnya. (kumparan)