27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Lagi, MPPI Bantu Warga di Perbatasan RI – Timor Leste Lawan Covid-19

BatasNegeri – Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) kembali menggelar aksi sosial di wilayah perbatasan negara. Kali ini MPPI melakukan kegiatan pembagian masker dan hand sanitizer serta wadah untuk mencuci tangan bagi warga desa Napan, Kecamatan Bikomi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa ini terletak di kawasan perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (20 Juli 2021 itu menyasar setiap warga yang melintas di jalan, warga yang tidak menggunakan masker, serta warga yang memiliki usaha kecil menengah seperti kios dan warung.

Penjabat kepala Desa Napan, Marselus Siki menuturkan, bahwa kegiatan tersebut sedianya akan oleh pengurus pusat MPPI, namun karena lonjakan pesat angka Covid -19 di semua daerah di Indonesia, maka kegiatan tersebut diwakilkan kepada aparatur Desa di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU.

“MPPI ini adalah sebuah lembaga yang yang berpusat di Jakarta dan sasaran utama kegiatan mereka adalah membantu masyarakat yang ada di wilayah perbatasan di seluruh Indonesia”, tutur Marselus.

Marselus juga mengungkapkan, bahwa pembagian masker, hand sanitizer dan wadah cuci tangan bagi warga merupakan salah satu bentuk kepedulian MPPI akan pentingnya melakukan proteksi diri terhadap ancaman wabah Covid- 19, terutama di wilayah perbatasan yang merupakan gerbang utama keluar masuknya warga antar Negara.

Kepada masyarakat, Marselus berpesan agar tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan dan ikuti setiap anjuran dan instruksi Pemerintah.

“Masyarakat harus taat. Karena hanya dengan kedisiplinan dan kepatuhan yang tinggi terhadap protokol kesehatan maka kita bisa terhindar dari wabah Covid- 19. Taati 5 M yakni; Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Ini harus dijadikan prinsip”, pungkasnya.[*]