14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pulau Rote Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Bahari

BatasNegeri – Ribuan pulau yang ada di Indonesia membuat negara ini punya banyak pilihan wisata bahari. Sejumlah wisata bahari di Indonesia ini tersohor sampai ke mancanegara. Wisata bahari ini menawarkan keindahan pantai dan pulau-pulau yang menawan. Beragam aktivitas bisa dilakukan di bibir pantai ini. Selain di daratan, pelancong juga bisa menikmati keindahan bawah laut Indonesia yang berwarna-warni dengan menyelam atau pun snorkeling.

1. Kepulauan Seribu, Jakarta

Di utara Jakarta tersaji wisata bahari yang memesona yakni gugusan Kepulauan Seribu. Terdapat ratusan pulau dengan dua tanaman nasional di Kepulauan Seribu. Kepulauan ini menjadi rumah bagi beragam jenis karang, ikan, ganggang, rumput laut, dan burung pantai. Ada banyak pulau yang bisa dikunjungi di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Bidadari, Harapan, Pramuka, Tidung, dan Onrust. Tersedia pula banyak spot untuk snorkeling.

2. Nusa Penida, Bali

Nusa Penida merupakan sebuah pulau di Balai yang masih satu gugus dengan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Nusa Penida punya banyak spot yang instagramable dan terkenal hingga ke mancanegara seperti Angel’s Billabong, Pantai Kelingking, dan Pantai Atuh. Keindahan bawah laut Nusa Penida juga tak perlu diragukan. Ada banyak tempat snorkeling untuk melihat kecantikan bahari Nusa Penida.

3. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Wisata bahari di Indonesia selanjutnya yaitu Kepulauan Mentawai yang berada di Sumatera Barat. Lokasinya yang menghadap ke Samudera Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak yang besar. Ombak di Kepulauan Mentawai merupakan salah satu ombak terbaik di dunia untuk berselancar. Banyak para peselancar dunia datang untuk menguji adrenalin sambil menikmati keindahan bahari Mentawai.

4. Kepulauan Bangka Belitung

Siapa yang tidak asing dengan Kepulauan Bangka Belitung? Pulau ini terkenal karena cerita dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Kepulauan ini memiliki dua pulau besar yaitu Bangka dan Belitung. Pantai di Pulau Belitung semakin indah karena keberadaan batu granit yang tak bisa dijumpai di pantai lain. Wisata bawah laut Bangka Belitung juga sangat memikat.

5. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wisata bahari di Indonesia berikutnya adalah Taman Nasional Wakatobi yang memiliki banyak spot untuk menyelam dan snorkeling. Wakatobi berada di provinsi Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini merupakan surga bagi para penyelam. Data Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan terdapat 25 gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang mencapai 600 km. Lebih dari 112 jenis karang ada di Wakatobi.

6. Kepulauan Banda, Maluku

Kepulauan Banda berlokasi di Provinsi Maluku. Pulau ini memiliki ratusan spesies terumbu karang dan puluhan titik penyelaman. Selain itu, Kepulauan Banda terkenal dengan ikan cakalang dan kerang mutiaranya.  Kepulauan Banda punya panorama bibir pantai yang menakjubkan. Ditambah dengan matahari terbenam pemandangan akan semakin sempurna.

7. Kepulauan Padaido, Papua

Kepulauan Padaido adalah kepulauan yang terletak di utara Papua tepatnya di Kabupaten Biak, Papua. Nama Pulai Padaido memang belum seterkenal Raja Ampat. Namun, keindahan kepulauan ini tak kalah dibandingkan Raja Ampat. Pulau ini merupakan rumah bagi ratusan spesian ikan termasuk hiu dan gurita.

8. Kepulauan Rote, NTT

Di wilayah paling selatan Indonesia terdapat Kepulauan Rote atau Kepulauan Roti. Kepulauan ini memiliki puluhan pulau yang memesona. Enam pulau berpenghuni di lokasi ini juga masih kental dengan budaya setempat. Selain keindahan bahari, Kepulauan Rote juga terkenal dengan alat musik sasando. (neraca)