13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pemerintah Tergetkan Vaksinasi 70 Juta Dosis Per Bulan

BatasNegeri – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan vaksinasi Covid-19 sebanyak 70 juta dosis per bulan pada Agustus dan September 2021.

“Jadi Presiden sudah memerintahkan kami untuk bulan ini dan bulan depan itu rata-rata 70 juta lebih per bulan akan disuntikkan,” kata Luhut usai meninjau vaksinasi massal di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Jumat (6/8).

Dengan target itu, kata Luhut, sepanjang Agustus dan September sebanyak 2,3 juta orang harus disuntik vaksin Covid-19 per hari di wilayah Jawa dan Bali.

“Jadi Jawa dan Bali per hari hampir 2,3 juta orang harus disuntik. Jadi sampai dengan September,” katanya.

Luhut mengatakan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 ini dilakukan untuk menekan lonjakan penyebaran Covid-19 yang disebabkan varian delta. Pensiunan jenderal bintang empat itu memastikan stok vaksin tersedia.

“(Stok) vaksin tidak ada masalah saya sudah singgung,” ujarnya.

Menurutnya, varian delta ini lebih bahaya lantaran selain mudah menular, juga langsung menyerang sistem pernapasan dan membuat saturasi oksigen menurun.

Selain itu, kata Luhut, risiko kematian meningkat kepada para pasien Covid-19 yang belum divaksinasi.

“Jadi varian delta ini kita bisa agak kontrol bila jumlah yang divaksin itu sudah lebih dari 70-75 persen syukur-syukur bisa 100 persen,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan meningkatkan vaksinasi di tujuh daerah aglomerasi dengan kasus positif dan kematian Covid-19 paling tinggi.

Daerah-daerah aglomerasi tersebut meliputi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, DI Yogyakarta, Surabaya Raya, serta Bali.

“Kita melakukan vaksinasi berbasis risiko, daerah itu yang kita sasar duluan, untuk dengan cepat mengurangi tekanan penularan dan tekanan kematian,” kata Budi dalam jumpa pers, Senin (2/8).

Budi mengatakan pada Juli 2021, tujuh wilayah aglomerasi itu mencatat capaian 382.242 suntikan dosis vaksin Covid-19 per hari. Angka ini akan ditingkatkan sepanjang Agustus 2021.

“Kita naikkan 1,2 juta per hari untuk 7 aglomerasi itu. Bayangkan ada kenaikan hampir 4 kali lipat,” ujarnya. (cnn)