13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Warga Serbu Posal Miangas Demi Dapatkan Vaksin

BatasNegeri – Sejak pagi hingga pukul 10.30 WITA, Posal Miangas yang merupakan satuan terkecil TNI Angkatan Laut di bawah jajaran Lanal Melonguane tampak ramai diserbu masyarakat, Senin (10/8/2021).

“Masyarakat yang datang ke Posal Miangas secara beramai-ramai tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan dalam rangka mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap/dosis kedua yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dengan dibantu oleh para prajurit Posal Miangas, tenaga kesehatan Puskesmas Miangas, petugas gabungan TNI-Polri, perangkat desa dan kecamatan serta para pemuda Miangas,” ujar Danalanal Melonguane, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla kepada awak media.

Lanjut ia, keterbatasan waktu untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua kali ini dikarenakan tergantung dari berapa lama kapal Sabuk Nusantara sandar di pelabuhan Miangas. Kedatangan Kapal KM Sabuk Nusantara 69 yang membawa tim kesehatan dan juga vaksin pagi ini tiba di Miangas pkl. 08.30 Wita sedangkan kembali tolak dari Miangas pkl. 10.30 Wita. Namun demikian, ratusan masyarakat Miangas dapat mengikuti vaksinasi tahap kedua.

Berkat kerjasama dan koordinasi yang sangat baik antara Tim Kesehatan dengan aparat di Miangas termasuk para prajurit matra laut dari Posal Miangas, semua berjalan aman dan lancar.

Kegiatan pendahuluan seperti pemeriksaan kesehatan, skrining, pendataan calon peserta vaksinasi dll sudah dilaksanakan pada Minggu sore hingga malam hari serta sejak pkl. 06.00 Wita Senin pagi sebelum tim kesehatan dari Dinkes Talaud tiba. Tak hanya menyediakan tempat, para prajurit Posal Miangas dipimpin oleh Letda Laut (S) Ahmad Roni selaku Pgs Danposal Miangas juga aktif dalam rapat-rapat pendahuluan dan juga menjadi tenaga pendukung kegiatan vaksinasi sampai dengan selesai. Berkat kerjasama yang baik, kegiatan vaksinasi tahap kedua bagi masyarakat di pulau kecil terdepan di beranda Utara NKRI tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar.

Danalanal Sucipto, menyampaikan apresiasinya atas kerjasama dan kekompakan semua aparat di wilayah KM 0 Utara Indonesia tersebut dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud. Tanpa koordinasi dan kerjasama yang baik, maka kecil kemungkinan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar mengingat berbagai kendala dan tantangan yang dihadapi.

Danlanal berharap agar para prajurit di bawah jajarannya baik yang berada di Mako Lanal ataupun yang bertugas di Posal-Posal termasuk yang berada di pulau-pulau kecil terdepan di beranda Utara NKRI agar tetap semangat, berdedikasi tinggi serta selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai implementasi jati diri sebagai prajurit TNI maupun guna menunaikan 8 Wajib TNI.

“Kepada masyarakat Talaud, Danlanal Melonguane mengimbau agar terus mendukung program pemerintah dalam rangka pencegahan, mitigasi dan juga penanggulangan dampak Covid-19 khususnya di wilayah perbatasan. “Tanda’su Laudu Sawanna, Benteng Kokoh di Perairan Nusa Utara,” pungkasnya. (sindomanado)