14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Dandim Sangihe Kunjungi Pulau Terluar di Perbatasan Indonesia-Philipina

BatasBegeri – Baru beberapa bulan bertugas di Kepulauan Sangihe, Dandim 1301 Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin SIP MIPol langsung mengambil kesempatan mengunjungi Pulau-pulau terluar di perbatasan Indonesia-Philipina, 30 September hingga 2 Oktober 2021.

Menurut Dandim Lukas, Kodim memiliki tugas pokok salah satunya adalah melaksanakan operasi pengamanan pulau kecil terluar perbatasan RI-Phlipina.

“Ini kunjungan perdana saya untuk mengumpulkan masalah sambil melihat anggota-anggota saya yang bertugas di sana, apakah kesulitan-kesulitan mereka, termasuk kendala-kendala dan ancaman yang berkembang sampai saat ini,”ungkap Lukas yang juga selaku Danko Satgas Pam Puter RI-Filipina.

Lanjut dia, dari hasil kunjungan tersebut nantinya akan dijadikan bahan untuk evaluasi dalam rangka meningkatkan peran personil Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) RI-Filipina maupun Babinsa.

“Pulau-pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Sangihe semuanya ditempatkan Personil baik dari Satgas Pamputer maupun Babinsa. Sehingga tidak ada satu pun pulau yang tidak dijaga oleh prajurit kami,” tutur Lukas.

Sementara itu pulau terluar yang dikunjungi Lukas, yakni pulau Marore, Kawio, Kawaluso dan Matutuang.

“Pulau yang saya kunjungi bertepatan ada personil Satgas Pam Puter yang bertugas disana, kecuali di pulau Matutuang tidak ditempatkan satgas namun disana ada Babinsa,”terang Lukas. (komentar)