27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Desa Tuamese Masuk Kategori Destinasi Wisata Baru

BatasNegeri – Dalam rangka mendukung dan mensukseskan Desa Tuamese Kecamatan Biboki Anleu dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia kategori destinasi wisata baru, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar Rally Motor Wisata Perbatasan Tahun 2021.

Di sela – sela persiapan pelepasan peserta rally motor wisata perbatasan tahun 2021, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU Robertus Nahas, S.Sos mengatakan bahwa kegiatan yang melibatkan para penggemar kendaraan roda dua di Kabupaten TTU ini akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 23 Oktober 2021 dan berakhir pada tanggal 24 Oktober 2021 dengan peserta dari berbagai jenis motor.

Rute yang akan ditempuh pada hari pertama yaitu mulai dari Kota Kefamenanu menuju Kecamatan Insana, Kecamatan Biboki Tanpah, Kecamatan Bibomi Selatan, Kecamatan Biboki Moenleu, Kecamatan Biboki Anleu dan rombongan akan bermalam di Desa Tuamese.

Selanjutnya di hari kedua, peserta akan berangkat dari Desa Tuamese Kecamatan Biboki Anleu melintasi kecamatan-kecamatan perbatasan RI – RDTL yaitu, Kecamatan Biboki Moenleu, Kecamatan Insana Utara, Kecamatan Naibenu, Kecamatan Miomaffo Timur, Kecamatan Bikomi Utara, Kecamatan Bikomi Tengah, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kecamatan Miomaffo Barat, Kecamatan Miomaffo Tengah dan peserta kembali memasuki Kota Kefameanu.

Bupati Timor Tengah Utara Drs.Juandi David pada kesempatan pelepasan peserta rally motor wisata perbatasan tahun 2021 di halaman Kantor Bupati TTU Sabtu ( 23/10/ 2021) mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bukti keseriusan pemerintah Kabupaten TTU dalam mendorong promosi potensi wisata yang ada baik wisata alam, wisata rohani maupun wisata budaya.

Pemerintah daerah terus berupaya mendorong semua elemen masyarakat untuk mempromosikan potensi wisata daerah ini melalui berbagai aktifitas maupun even baik yang berskala lokal, regional, nasional bahkan pada even internasional.

“Kita ini berada di posisi strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga RDTL. Jadi perlu digalakkan berbagai even yang akan menarik negara tetangga untuk ikut berpartisipasi.
Dengan demikian akan ada efek ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat di kawasan perbatasan,” tandas Bupati Juandi David.

Lanjut Bupati Juandi bahwa saat ini kita menyaksikan peserta rally motor wisata perbatasan tahun 2021 yang merupakan bagian dari upaya promosi wisata alam akan menuju wisata alam Desa Tuamese.

Dengan harapan melalui kegiatan rally motor tersebut, maka potensi wisata alam yang ada di Desa Tuamese semakin dikenal banyak orang. Dampaknya akan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Desa Tuamese.

Disaksikan media ini, kegiatan pelepasan peserta rally motor wisata perbatasan tahun 2021 dihadiri oleh Bupati TTU Drs.Juandi David, Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi, Pejabat yang mewakili Kapolres TTU, Pejabat yang mewakili Dandim 1618 TTU dan para kepala perangkat daerah se-kabupaten TTU. (nttonlinenow)