27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kemenhan Sosialisasikan Kesadaran Bela Negara untuk Masyarakat Belu

BatasNegeri – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggelar Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Masyarakat Nusa Tenggara Timur di Wilayah Kabupaten Belu Tahun 2021, berlangsung di Aula GOR L.A. Bone Atambua, Rabu (03/11).

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Masyarakat NTT, khususnya di wilayah Kabupaten Belu bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memahami dan menanamkan nilai-nilai Pancasila khususnya bagi warga negara Eks Timor Timur yang ada di Kabupaten Belu Wilayah Perbatasan RI- RDTL.

Kasubdit Linkim Ditbelanegara Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan RI – Kolonel ADM. Amiruddin Laupe, S.Sos. MM mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan dengan memberikan Piagam dan Pin Patriotisme kepada warga eks Tim -Tim yang memilih bergabung dengan NKRI, kepada sebanyak 11.000 orang dengan beberapa tahapan yakni di mulai dari El Tari, Kab. Kupang, TTU, TTS dan Kabupaten Belu.

“Sosialisasi bela negara ini dengan melibatkan berbagai Narasumber, dan besok akan dilaksanakan pemberian Piagam oleh Menteri Pertahanan RI, akan diwakili untuk memberikan piagam kepada 1500 orang yang akan hadir serta diberikan Piagam Penghargaan dan Pin Patriotisme kepada perwakilan dari kabupaten masing-masing,” ungkap Kol. Amiruddin.

Kolonel Amiruddin juga menambahkan, kegiatan bela negara itu bukan hanya diberikan di Kabupaten Belu, tetapi diberikan kepada seluruh masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur khususnya bagi warga negara yang ada di wilayah perbatasan guna saling mengingatkan serta memberikan kesadaran dalam mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya juga sangat bersyukur bahwa para peserta ini sangat antusias dan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Diharapkan peserta juga dapat menambah nilai-nilai kecintaan terhadap bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Pemateri pada kegiatan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Masyarakat NTT, Materi pertama oleh Kasubdit Linkim Ditbelanegara Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan RI  Kolonel ADM. Amiruddin Laupe, S.Sos, MM dengan materi Bela Negara Dalam Sishankamrata.

Pemateri kedua tentang Bahaya Narkoba dan Penanggulangannya oleh Kasat Resnarkoba Polres Belu Iptu Samsul Ramadhan Arifin, SH.

Materi ketiga tentang Bijak dan Cerdas Bermedia Sosial yang dibawakan oleh Kepala Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya pada Dinas Kominfo Belu – Dominikus Mali, S.Sos. (infopublik)