14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Peringati Hari Pahlawan, Ini Harapan Wabup Nunukan

BatasNegeri – Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan setiap 10 November, tahun ini mengusung tema Pahlawanku Inspirasiku. Melalui momentum ini untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan mengusir para penjajah. 

Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah berharap agar masyarakat mengambil hikmah melalui peringatan Hari Pahlawan. Kemudian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan berharap momen ini dijadikan spirit membangun Kabupaten Nunukan menjadi lebih baik lagi. 

“Harapan kami sebagai pemerintah kepada masyarakat agar mengambil hikmah dalam momentum peringatan hari pahlawan dalam rangka membangun daerah lebih bagus lagi,” ucap Hanafiah usai memimpin upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jaya Sakti. 

Dijelaskan, ke depannya masyarakat bukan hanya menjadi objek dalam pembangunan. Tetapi menjadi subjek pembangunan. 

Artinya, masyarakat ikut mendorong dirinya ke arah lebih baik. Sehingga, masyarakat juga ikut memberikan kontribusi pembangunan bagi daerah yang ada di wilayah perbatasan ini. 

“Memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pembangunan di daerah sesuai dengan fungsi masing-masing. Misal masyarakat biasa, kelas menengah atau kelas atas mari sama-sama membangun Nunukan jauh lebih bagus lagi ke depannya,” ujarnya. 

Peringatan Hari Pahlawan, lanjut Hanafiah, dapat ditanamkan kepada semua elemen masyarakat, baik generasi muda maupun generasi yang akan datang. Alasannya, perjuangan para pahlawan harus diketahui dan diteladani. Karena, merebut kemerdekaan penuh dengan tetesan darah. 

“Momentum yang bisa kita tanamkan kepada semua pihak. Baik yang sekarang maupun akan datang. Sebab, harus diketahui perjuangan pahlawan kita menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dengan tetesan darah. Perjuangan yang sangat luar biasa. Apalagi untuk kita di perbatasan, ini sangat nyata perjuangan para pahlawan,” tegasnya. 

Hanafiah menilai kontribusi nyata masyarakat dalam mengisi kemerdekaan saat ini cukup baik. Dan diperlukan komitmen dan semangat untuk membawa Nunukan ke arah yang lebih baik lagi. 

Tentunya melalui sejumlah bidang misalnya, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena, ia tidak ingin ada generasi penerus bangsa yang tidak mengenyam pendidikan. 

“Kontribusi masyarakat dalam mengisi kemerdekaan, sudah bagus dan baik tinggal perlu ditingkatkan lagi. Utamanya bidang SDM agar dapat tingkatkan lagi. Kita berharap agar tidak ada lagi warga Nunukan yang anaknya tidak sekolah. Semuanya harus sekolah,” pesannya. 

Kemudian, bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya diharapkan semua elemen saling mendukung untuk membawa Nunukan lebih baik  lagi. Apalagi, wilayah perbatasan memiliki banyak peluang dan tantangan yang harus dihadapi. 

“Mari kita saling mendukung dan bahu membahu, bantu membantu, sehingga Nunukan lebih bagus lagi ke depannya. Dan mari menjadikan tantangan menjadi kekuatan dan kelemahan menjadi kekuatan sehingga beban yang dianggap sulit tidak mempersulit kita. Saya kita diperbatasan banyak yang bisa kita lakukan,” pungkasnya. (pusaranmedia)