14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Indonesia Siap Terima Wisatawan dari Malaysia, Ini Syaratnya

BatasNegeri – Indonesia akan kembali menerima wisatawan Malaysia yang telah divaksin penuh COVID-19 tanpa karantina. Menurut laporan media setempat Astro Awani, hal ini diputuskan saat Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Ismail Sabri Yaakob, bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu 10 November 2021.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan antara Ismail Sabri dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo dan salah satunya adalah pembukaan kembali perbatasan kedua negara.

Ismail Sabri telah mengumumkan bahwa Malaysia dan Indonesia sepakat untuk meluncurkan koridor perjalanan di bawah pengaturan Vaccinated Travel Lane (VTL). Keputusan itu diambil menyusul kondisi COVID-19 di kedua negara yang semakin membaik.

“Dan saya sudah sepakat dengan Presiden (Jokowi), menteri terkait akan melihat lebih detail sehingga kita bisa mulai membuka kedua negara,” kata Sabri dilansir dari World of Buzz, Kamis 11 November 2021.

Menurut Channel News Asia, jalur perjalanan VTL akan memberikan prioritas kepada kelompok-kelompok yang divaksinasi penuh, yakni turis resmi dan bisnis, wisatawan yang bertujuan medis dan kemanusiaan.

Rencananya pada tahap saat ini, pembukaan perbatasan hanya mencakup rute antara Kuala Lumpur ke Jakarta dan Kuala Lumpur ke Bali, pada awal tahun depan. Tanggalnya belum ditentukan. 

Selain itu, dalam upaya memperkuat pemahaman dan kerja sama yang ada, Malaysia dan Indonesia akan merayakan ulang tahun ke-65 hubungan diplomatik kedua negara tahun depan. (viva)