14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Batas-batas Wilayah Kedaulatan Indonesia dari Segala Penjuru

BatasNegeri – Batas batas wilayah Indonesia yang mencakup daratan dan perbatasan maritim adalah Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Sedangkan negara dengan batasan maritim adalah Australia, India, Palau, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Simak ulasan tentang batas-batas wilayah Indonesia berikut ini.

Untuk mencari tahu batas-batas wilayah Indonesia dilakukan dengan melihat garis bujur dan garis lintangnya. Secara astronomis, Indonesia berada pada 6 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang selatan sampai 92 derajat bujur timur dan 141 derajat bujur timur.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara benua Asia dan benua Australia. Indonesia juga terletak di antara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik.

Batas-Batas Wilayah Indonesia

Perbatasan Darat (Teritorial)

Indonesia memiliki total perbatasan darat sepanjang 3.108,3 km. Perbatasan Indonesia meliputi bagian barat, timur, utara, dan selatan.

1. Malaysia

Indonesia memiliki perbatasan darat dengan Malaysia tepatnya di Pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat berbatasan langsung. Sementara negara bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia, berbatasan langsung dengan utara wilayah Indonesia di Pulau Kalimantan ini. Panjang perbatasan adalah 2.019,5 km.

2. Papua Nugini

Panjang batas batas wilayah Indonesia dengan Papua Nugini adalah 820 km. Provinsi Papua berbatasan langsung dengan Provinsi Sandaun dan Western di Papua Nugini.

3. Timor Leste

Batas batas wilayah Indonesia dengan Timor Leste terletak di Pulau Timor. Provinsi Nusat Tenggara Timur di Indonesia berbatasan dengan Kota Bobonaro dan Covalima, atau eilayah administratif khusus Oecusse. Panjang perbatasan Indonesia dengan negara Timor Leste ada 268,8 km.

Perbatasan Lautan

Batas laut adalah batas yang dihitung dari sebuah gari dasar serta memiliki jarak 12 mil ke arah laut. Garis dasar ini adalah garis khayal yang ditarik dari pantai yang menghubungkan berbagai titik di ujung pulau.

  1. India: Samudra Hindia, Laut Andaman, dan Perairan Negara India
  2. Australia: Samudra Hindia
  3. Malaysia dan Singapura: Selat Malaka dan Selat Singapura
  4. Malaysia dan Vietnam: Selat Karimata, Laut China Selatan
  5. Malaysia bagian timur: Selat Sulawesi
  6. Filipina: Selat Sulawesi dan Philipina Sea, panjangnya 1.162,2 km.

Perbatasan Udara

Batas udara pada negara Indonesia mengikuti batas kedaulatan negara yang ada di darat maupun di laut. Batas udara yang ada ini ditetapkan berdasarkan perkembangan hukum internasional yang berlaku.[*]

suara.com