23 Februari 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Postingan Pak Mahfud MD dari Pulau Miangas

BatasNegeri – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD selaku  Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), beberapa waktu lalu menyambangi Pulau Miangas, di perbatasan Indonesia.

Dari pulau terluar yang berbatasan dengan negara Filipina itu, Mahfud melalui akun instagram miliknya @mohmahfudmd mengabarkan kepada  bangsa Indonesia tentang kegiatan yang dilakukannya. Tak lupa Mahfud menceritakan keindahan pulau itu serta kondisi sosial masyarakat setempat. Berikut petikannya….

Sesuai amanat presiden dan amanat konstitusi, kita akan terus menjaga pulau terluar, terutama menjaga kedaulatan hukum dan kewibawaan kita sebagai negara yang merdeka.

Dua hari ini, (23-24 Mei 2022-Red) saya bersama Menteri Dalam Negeri melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya di Kecamatan Khusus Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Miangas adalah pulau terluar bagian utara Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara Filipina.

Kehadiran kami di Miangas adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam rangka membangun Indonesia dari pinggiran, dari desa-desa dan pulau-pulau terluar, sehingga pemerataan pembangunan secara pelan tapi pasti akan terwujud. Sekurang-kurangnya mempersempit kesenjangan antara perkotaan dan pedesaan.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat perbatasan, Penandatanganan Prasasti Program Kegiatan 2021, Penandatanganan MOU antara Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang Program Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Sehat Baznas Miangas.

Jam 08.30 WITA hari ini (24/5/2022-Red), saya selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Bapak Mendagri yang adalah Kepala BNPP dengan didampingi Bapak Gubernur Sulawesi Utara, tiba di Bandara Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Kami terbang dari bandara Sam Ratulangi Manado dengan pesawat TNI AU tadi pagi, dan disambut dengan tarian dan upacara adat setempat oleh Pak Bupati dan jajaran Forkopimda. Sungguh kaya dan indah alam dan budaya Nusantara kita.

Kami kesini untuk melakukan pencanangan program Gerbangdutas (Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan) Tahun 2022 di Melonguane, ibukota Kab. Kepulauan Talaud. Program ini adalah wadah untuk menyatukan komitmen kita bersama dalam mengelola perbatasan. Sebagaimana yang selalu ditegaskan oleh Presiden yaitu membangun perbatasan dan membangun Indonesia dari pinggiran.

Dalam rombongan kami, ikut serta sejumlah kementerian dan lembaga terkait, serta lembaga non pemerintah. Dari mereka, saya menyaksikan penyerahan bantuan bagi masyarakat perbatasan dari pihak BRI, Basnaz, Harita Group, dan Deli Pratama Nusantara.

Dari sini nanti, kami akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Miangas, gerbang terdepan Indonesia yang juga pulau paling utara Indonesia, yang berbatasan dengan Filipina.[*]