23 Februari 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Tinjau Kawasan Industri Hijau Kaltara, Jokowi: Terbesar di Dunia!

BatasNegeri – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meninjau pembangunan proyek Kawasan Industri Hijau Bulungan, Kalimantan Utara. Menurutnya, kawasan industri ini bakal menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia.
Jokowi menjamin kawasan industri ini bakal menjadi masa depan bagi pengembangan industrialisasi di Indonesia.

“Ini adalah Green Industrial Park yang terbesar di dunia dan inilah masa depan Indonesia,” ujar Jokowi usai melakukan peninjauan, Selasa (28/2/2023).

Jokowi menjelaskan Kawasan Industrial Park Indonesia (KIPI) akan dibangun seluas 13.000 hektar. Nantinya kawasan ini akan dipersiapkan untuk pembangunan industri baterai kendaraan listrik, pabrik petrokimia, dan industri aluminium.

Nantinya industri-industri di kawasan ini bakal didukung dengan energi ramah lingkungan yang didapatkan dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Sungai Mentarang dan Kayan.

“Semuanya kita harapkan nanti didukung oleh energi hijau hydropower dari Sungai Mentarang dan Sungai Kayan di Kalimantan Utara,” sebut Jokowi.

Dengan energi yang hijau yang kompetitif seperti itu, Jokowi mengatakan barang-barang produk yang dihasilkan di kawasan industri ini akan berstandar produk hijau ramah lingkungan.

Jokowi juga mengatakan bila kawasan industri sudah jadi, investor bakal berbondong-bondong masuk ke dalam kawasan industri hijau tersebut.

“Masa depan Indonesia ada di sini kalau ini terealisasi dengan baik semuanya pasti akan berbondong-bondong ke sini, industri apapun yang berkaitan dengan green product akan menengok ke kawasan ini,” ujar Jokowi.

Dia melanjutkan semua perizinan sudah komplit dan pembangunan akan segera dikebut. Jokowi berjanji akan memantau sendiri perkembangan kawasan industri ini.

“Progress ini akan saya ikuti terus perkembangannya dari hari ke hari, dari bulan ke bulan, sehingga betul-betul tidak meleset dari schedule yang telah kita tentukan,” tegas Jokowi.[*]

detik.com