27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Indonesia – Kepulauan Solomon Sepakat Perkuat Kerja Sama Ekonomi Biru

BatasNegeri – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele, telah bertemu di sela Pertemuan Tingkat Menteri ke-5 Negara-negara Kepulauan dan Pulau Kecil (Archipelagic and Island States Forum/AIS Forum) di Bali (10/10). Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri membahas isu kerja sama di Pasifik serta perkembangan beberapa isu bilateral.

Dalam pertemuan, Menlu Retno dan Menlu Manele sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi biru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Terkait kerja sama pembangunan, secara khusus Menlu Manele menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik dengan Indonesia dalam berbagai program  peningkatan kapasitas, termasuk di bidang olah raga, kesehatan dan pendidikan. Program-program tersebut sesuai dengan prioritas pembangunan Kepulauan Solomon.

Kepulauan Solomon juga mengajak Indonesia untuk meningkatkan kerja sama kepolisian, khususnya dalam menangani kejahatan transnasional.

Mengenai kerja sama di Pasifik, Menlu Retno mendorong peningkatan kerja sama dalam kerangka Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) dalam menghadapi berbagai tantangan di kawasan.[*]

kemlu.go.id