27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

ilustrasi - Antara Foto

Perpustakaan Keliling di Tapal Batas RI – RDTL

BatasNegeri – Kondisi medan di wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI) – Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) yang sangat sulit, tidak menyurutkan semangat Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonkav 6/NK untuk terus berupaya mencerdaskan anak bangsa di sana.

Dansatgas Pamtas RI RDTL Sektor Barat, Mayor Kav. Ronald Tampubolon bersama timnya berinisiatif memodifikasi dan mendesain sebuah truck menjadi wahana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak perbatasan.

Selain berfungsi sebagai perpustakaan keliling, truck yang dijuluki smart car itu juga dimanfaatkan untuk menyelenggarakan program-program teritorial seperti perbantuan tenaga pendidik, pendalaman mental dan ideologi, dan juga sebagai sarana belajar mengajar yang asik bagi anak-anak.

“Smart car itu kita desain secara khusus agar mampu mengantar bahan bacaan ke daerah-daerah terpencil,”ungkap Dansatgas Pamtas RI RDTL Sektor Barat, Mayor Kav Ronald Tampubolon, kepada victorynews.id, belum lama ini di Kefamenanu.

Menurut Ronald, ide untuk memodifikasi truck menjadi sarana mendekatkan literasi dan pendidikan bagi anak-anak perbatasan bermula ketika ia dan rekan-rekannya mendapati kenyataan bahwa anak-anak di perbatasan sangat sulit mengakses bahan bacaan dan sarana pendidikan lainnya.

Tak hanya mengantarkan buku dan bahan bacaan lainnya, personil Satgas Pamtas Sektor Barat juga terjun langsung meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca bagi anak-anak di daerah perbatasan.

Menurut Bertus, langkah tersebut sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan kualitas membaca anak-anak di perbatasan.

Ia menambahkan anak-anak di perbatasan sangat senang dan antusias, karena selain mendapat buku bacaan, mereka juga mendapat materi kewarganegaraan dan baris-berbaris dari tenaga pendidik yang juga personil Satgas Pamtas.[*]

victorynews.id