27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

LNG Mini, Bukti Nyata Kaltara Punya Potensi di Bidang Energi

BatasNegeri – Sail ways pengapalan Liquified Natural Gas (LNG) oleh PT Kayan LNG Nusantara merupakan bukti nyata bahwa Kaltara memiliki potensi besar di bidang energi dengan adanya pabrik kilang LNG mini ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Kaltara, H. Zainal Arifin Paliwang dalam sambutannya saat meresmikan sail ways pengapalan LNG PT Kayan LNG Nusantara di dermaga Pelabuhan Maluindung Tarakan, Selasa (7/11/2023).

China menjadi tujuan awal ekspor LNG yang diproduksi oleh PT Kayan LNG Nusantara ini. Pengirimannya menggunakan ISO tank 40 feed menuju pembeli.

Ceremony ini juga sebagai tindak lanjut dan penandatanganan perjanjian jual beli gad antara PHE Simenggaris dan PT Medco E&P Simenggaris dengan PT Kayan LNG Nusantara denalgan volume sebesar 22 juta kaki kubik per hari pada 22 Mei 2020 dan commissioning ceremony pada 7 April 2023.

Gubernur bangga dan mengapresiasi keberhasilan PT Kayan LNG Nusantara yang mampu melakukan ekspor perdana LNG.

Tidak han itu, Gubernur juga menilai, pengapalan ini merupakan bukti nyata bahwa Kaltara memiliki potensi besar di bidang energi dengan adanya pabrik kilang LNG mini ini.

“Pengalapan LNG ini merupakan bukti nyata bahwa Kalimantan Utara memiliki potensi besar di bidang energi,” ujar Gubernur.

Kaltara akan menjadi salah satu produsen LNG terbesar di Indonesia. Hadirnya pabrik LNG ini juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Kaltara dan memberi efek domino bagi perkembangan bidang usaha lainnya di Kaltara,” harap mantan Wakapolda Kaltara ini.[*]

rri.co.id