27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Delegasi TNI AU Ikuti Pacific Air Chiefs Symposium 2023 Di Base Pearl Harbor, Hawaii

BatasNegeri – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M.Tonny Harjono, S.E., M.M., mewakili Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA memimpin delegasi TNI AU menghadiri Pacific Air Chiefs Symposium 2023 (PACS 2023) yang berlangsung dari tanggal 13-16 November 2023 di Joint Base Pearl Harbor, Hickam Hawaii, Amerika Serikat.

 PACS merupakan forum komunikasi pimpinan angkatan udara di kawasan pasifik yang digelar setiap dua tahun. PACS 2023 diselenggarakan oleh Pacific Air Force Command US dan diikuti oleh 23 negara peserta, bertujuan meningkatkan hubungan di antara Angkatan Udara di Kawasan Indo Pasifik.

Lebih dari sekadar pertemuan, kegiatan ini juga menekankan saling pengertian mengenai tantangan bersama, peningkatan kemampuan, kapasitas kemitraan, dan interoperabilitas. Semua ini dilakukan dalam upaya memastikan Kawasan Indo Pasifik tetap bebas dan terbuka.

Hari pertama pelaksanaan PACS, para pimpinan Angkatan Udara di Kawasan Indo Pasifik melaksanakan kunjungan ke Markas Komando PACAF, Pearl Harbor Aviation Museum dan USS Missouri.

Partisipasi TNI AU pada forum internasional ini, menjadi bagian penting dalam upaya bersama untuk menjaga stabilitas dan kerjasama di kawasan Indo Pasifik yang semakin dinamis.

Indo-Pasifik merupakan kawasan yang bebas dan terbuka bagi negara-negara di seluruh dunia. Semakin kuatnya hubungan kerja sama pertahanan yang terjalin maka hal tersebut akan mengurangi tantangan kolektif yang berpotensi tercipta di kawasan ini.

Peran TNI AU di PACS 2023 mencerminkan komitmen untuk memperkuat hubungan positif dan membangun fondasi yang kokoh untuk kerjasama di masa depan serta stabilitas regional di Indo Pasifik.

Turut hadir mendampingi Pangkoopsudnas Asops Kas Koopsudnas, Marsma TNI Ian Fuady, dan FMS officer Letnan Kolonel Lek Ridwan.[*]

metro.id