2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Prabowo Temui Anwar Ibrahim, Bahas Isu Pertahanan Indonesia – Malaysia

BatasNegeri – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Seri Perdana, Putrajaya pada Kamis, 30 November 2023. Dalam pertemuan ini, Prabowo dan Anwar membahas berbagai permasalahan terkait kepentingan bersama Malaysia dan Indonesia, termasuk hubungan bilateral dalam bidang pertahanan dan keamanan negara.

Semoga hubungan kedua negara terkait ini terus terjalin erat dan utuh selamanya, Insya Allah,” kata Anwar dalam unggahan akun resminya di media sosial X. Pemimpin Pakatan Harapan mengatakan kunjungan Prabowo merupakan sebuah “kunjungan kehormatan”.

Belum ada keterangan resmi yang diberikan Prabowo mengenai pertemuannya dengan Anwar. Juru Bicara Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak belum menjawab pesan singkat yang dikirim Tempo pada Kamis, mengenai pertemuan Prabowo dan Anwar dan potensi kerja sama pertahanan baru antar RI-Malaysia.

Prabowo juga pernah melakukan pertemuan bilateral dengan Anwar di sela-sela kegiatan The 16th Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2023 di Malaysia, pada Selasa, 23 Mei 2023. Pertemuan tersebut membahas isu-isu penting yang menjadi kepentingan bersama termasuk hubungan bilateral kedua negara.

Kedua menteri juga membahas sejumlah peluang kerja sama baru antara lain dalam bidang perdagangan digital, inisiasi hijau (Green Initiatives), makanan halal, serta industri makanan sehat. 

Secara bilateral kerja sama ekspor utama Indonesia ke Malaysia di antaranya batu bara, minyak kelapa sawit, minyak petroleum, kokas petroleum, serta asam lemak monokarbosilat industri. Sementara, impor utama Indonesia dari Malaysia diantaranya minyak petroleum, hidrokarbon asiklik, polimer dari etilena, peralatan mesin, serta alkohol asiklik.

Untuk kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia menjalin kerja sama antar industri pertahanan. Prabowo menyaksikan Memorandum of Understanding (MoU) / Nota Kesepahaman pada acara The 16th Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2023 , Langkawi, Malaysia, 23 Mei 2023.

Pertama adalah PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dengan AIROD Sdn. Bhd. (AIROD) untuk memasarkan dan menjual pesawat N219 yang diproduksi oleh PTDI. Kedua adalah MoU PTDI dengan SME Aerospace Sdn. Bhd. (SMEA) untuk aerostruktur.[*]

tempo.co