27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI dan Polri Antisipasi Pergerakan 1 Desember

BatasNegeri – Tanggal 1 Desember masih menjadi momen spesial bagi sebagian masyarakat di Tanah Papua, salah satunya Mimika karena dianggap sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) OPM.

Untuk itu TNI dan Polri di Mimika mengelar apel kesiapsiagaan menjelang 1 Desember 2023 di Halaman Graha Eme Neme Yauware, Kamis (30/11/2023).

“Kita ketahui bersama, 1 Desember masih dianggap spesial dan perlu kita lakukan antisipasi,” kata Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, dalam arahan kepada personel TNI Polri.

Ia mengatakan, apel kesiapsiagaan ini dilaksanakan dengan harapan bisa mempersempit ruang gerak dari oknum masyarakat yang mempunyai pemahaman berbeda.

“Sehingga mereka tidak ada kesempatan yang dapat mengancam keselamatan masyarakat, dan kita TNI Polri,” katanya.

Menurutnya, terkadang karena sudah menganggap situasi aman, sehingga kewaspadaan tidak lagi diutamakan.

Kapolres juga mengingatkan agar 480 personel yang disiagakan ini bisa menganalisa tingkat ancaman dengan menyiapkan sarana prasarana sebelum meresepkan. Polres Mimika juga dibackup Batalyon B Pelopor dan Kodim 1710 Mimika. Aparat keamanan selain melakukan pola pengamanan secara terbuka, juga dilakukan pola pengamanan secara tertutup.

“Kalau terjadi hal yang tidak wajar, tidak baik, tolong hati-hati jangan terburu untuk respon,” pesannya.

“Di titik A misal ada pengibaran atau sesuatu yang bunyi yang bersifat letusan, harus dianalisa jangan sampai itu jadi pancingan dan kita datang dalam kondisi tidak siap,” tambahnya

Diharapkan, personel bisa mengendalikan kondisi di masing-masing sektor sesuai SOP yang ada, dan tetap mengedepankan antisipatif dan persuasif,

Ia juga mengingatkan agar tidak lagi terjadi kejadian pengibaran seperti yang terjadi sebelumnya.

“Jangan sampai terjadi lagi ulang kejadian sebelumnya, jangan beri celah jangan beri ruang,” tuturnya.

Selai pengamanan dengan pengerahan personel secara terbuka, juga dilakukan pengamanan secara tertutup.

“Eskalasi di pegunungan ada peningkatan,
beberapa kali kejadian sampai menghilangkan nyawa orang? Itu menunjukkan bahwa Aktifitas dari kelompok yg masih berseberangan dari kita masih ada,” pesannya.

Ia menambahkan, pengamanan ini dilakukan rutin, tetapi di 1 Desember yang masih diperingati sebagai hari ulang tahun , sehingga ditingkatkan frekuensinya.

Kesempatan yang sama, Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Dedi Cahyadi mengatakan, diharapkan agar pada 1 Desember nanti tidak ada kejadian menonjol.

“Harapan kami sampai besok tidak ada yang berkibar, tidak sampai kecolongan seperti sebelumnya,” katanya.

Ia menambahkan, pengamanan ini juga disampaikan ke Satgas yang bertugas di wilayah pinggiran.[*]

seputarpapua.com