2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Ini Hasil Pembinaan Kelompok Tani di Sota Merauke

BatasNegeri – Kelompok Tani Pemuda Nusantara binaan Polsek Sota di Merauke berhasil memanen cabe sebanyak 849 Kg.

Hal itu diungkapkan Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan, SIk melalui Kapolsek Sota Ipda Yustus Maudul, SE, M.Si, Kamis (7/12/2023).

Disebutkan, hasil panen cabe kecil sebanyak 489 kg dan seluruhnya telah dijual seharga Rp. 14.519.000.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Polri khususnya Polsek Sota bersama agus maestro cabe keriting dalam program inofasi dibidang pertanian untuk kesejahteraan orang asli Papua di daerah Perbatasan RI – PNG,” ungkap Sandi Sultan.

Hasil penjualan tersebut dibagi kepada seluruh anggota kelompok tani yang dipimpin Agus Gunawan.

“Anggota kelompok tani di Distrik Sota Binaan Polsek Sota sebanyak 21 orang, mendapatkan bagian bagi hasil dengan adil dan merata,” sebutnya.

Dalam arahannya Kapolsek Sota menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pemuda yang bergabung dalam Kelompok Tani Pemuda Nusantara itu, atas kerja keras merawat tanaman cabe hingga bisa panen walaupun masih jauh dari harapan.

“Target kita dari 3500 pohon Cabe kita akan panen hingga 3000 kg, namun karena hujan saat tanam sehingga berdampak pada tanaman cabe banyak tunbuh tidak normal. Ditambah lagi pada saat berbuah cuaca panas berkepanjangan membuat buah Cabe banyak yang rusak,”ungkapnya

Akhirnya saya harapkan adik-adik tetap semangat tahun depan ketika cuaca memungkinkan kita mulai lagi melakukan bercocok tanam Tanaman Cabe dan pembuatan kolam budidaya ikaan Bawal Dada Kuning dan Ikan Lele, memanfaatkan uang ini dengan baik,”tutupnya.[*]

investigasibhayangkara.com