2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

4 Daerah Perbatasan Terinovatif dalam IGA 2023

BatasNegeri – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) memberikan penghargaan kepada daerah terinovatif, beberapa di antaranya 4 daerah perbatasan terinovatif. Penghargaan itu diberikan pada gelaran Innovative Government Award (IGA) 2023 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Adapun 4 daerah perbatasan terinovatif tersebut meliputi Kabupaten Bintan, Kota Batam, Kabupaten Batu Bara dan Kabupaten Sanggau.

“Kami harap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi daerah perbatasan untuk terus berinovasi dalam berbagai bidang,” ungkap Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo dalam keterangannya di Kantor BSKDN pada Kamis, 14 Desember 2023.

Lebih lanjut, Yusharto berharap berbagai inovasi yang telah dilaporkan daerah perbatasan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, hingga peningkatan kesejahteraan di daerah perbatasan.

“Berbagai inovasi yang telah dilaporkan melalui aplikasi Indeks Inovasi Daerah diharapkan dapat menjadi kunci untuk mengatasi tantangan dan menciptakan peluang baru bagi masyarakat di masing-masing wilayah,” terangnya.

Yusharto mengimbau agar daerah tidak memandang inovasi sebagai sesuatu yang sulit, karena daerah dapat mereplikasi inovasi yang sudah ada dengan menerapkan metode amati, tiru, dan modifikasi.

“Mereplikasi inovasi bukan hanya tentang meniru ide, tetapi menyesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing dan inovasi seperti apa yang bisa menyelesaikan permasalahan yang daerah hadapi,” terangnya.

Dirinya melanjutkan, daerah perbatasan juga perlu meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak. Dengan demikian peluang untuk memiliki ekosistem inovasi yang berkualitas akan terbuka lebar.

“Perkuat kolaborasi, kerja sama dengan berbagai pihak bisa dengan pemerintah daerah lainnya, pemerintah pusat maupun pihak-pihak swasta,” pungkasnya.